Cukup 30 Ribu Motor Injeksi Brebet Beres

0

Otospeed.id – Banyak pengguna motor injeksi yang mengeluhkan motor mereka brebet seperti kehabisan bensin, padahal setelah di lihat di tangki bensin masih penuh. “Hal tersebut beberapa  kali kita temui pada motor injeksi, baik yang keluaran Honda maupun Yamaha,”beber Misbahul Mujib salah satu pengguna motor Honda Vario.

Kendala yang sering ditemui motor tiba-tiba mati seperti gejala kehabisan bensin, tapi setelah berhenti beberapa saat motor bisa di starter kembali. “ Kejadian seperti itu disebabkan oleh kotoran yang ada di tangki menyumbat filter bahan bakar,”beber Mujib.

Pada motor injeksi, filter bahan bakar terletak di dalam tangki bahan bakar dan terhubung langsung dengan pompa bahan bakar. Jika kondisi tangki kotor akan menyebabkan penyumbatan pada filter sehingga bahan bakar tidak akan bisa mengalir lancar ke pompa.

Filter bahan bakar kotor penyebab motor brebet

Filter bahan bakar ini merupakan salah satu komponen yang wajib diganti secara berkala, ada masa pakai dari filter bahan bakar ini. “Menurut panduan servis filter ini harus diganti setelah dipakai 48.000 km, jika tidak diganti maka akan timbul masalah,”bebernya.

Untuk melakukan penggantian bisa dilakukan sendiri, caranya dengan melepas pompa bahan bakar yang ada di tangki. Ingat sebelumnya harus melepas selang bahan bakar.

Baut pompa bahan bakar dilepas terlebih dahulu, selanjutnya angkat pompa dan lepas filter

Setelah semuanya terlepas tinggal ganti filter bahan bakar yang bisa kita beli di toko spare part dengan kisaran harga 30 ribuan.OS1

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here