Dari Supermoto Hingga Hypermotard

0
126
Scorpio Hypermotard Semarang (2)
Scorpio Hypermotard

           Otospeed.id Semarang. Keinginan untuk membuat motor modifikasi rupanya sudah lama dipendam Arif Rachman sejak lama, baru kesampaian beberapa waktu lalu dengan konsep yang sudah diidamkannya. Hasil mengumpulkan referensi di internet didapat sampel untuk ngemodif ala supermoto.

“Saya pilih yamaha scorpio buat bahan mentahnya, karena mesin sudah cukup besar di tampilan dan powernya untuk dibuat supermoto”, ujar warga Menjangan, Semarang ini.

Scorpio Hypermotard Semarang (1)
Scorpio Hypermotard Semarang

Tanpa pikir panjang langsung saja motor standar miliknya ini diboyong ke rumah modifikasi Pap & Mam Modified yang memang dikenal merombak motor sport. Sampai di bengkel konsep kemudian berubah ketika melihat beberapa contoh lain yang disodorkan sang modifikator

“Saya kasih lihat contoh motor Ducati Hypermotard buat bahan perbandingan dengan konsep supermotonya, yang punya langsung mengiyakan”, terang Hendro sang modifikator.

Upside down khas Supermoto
Upside down khas Supermoto

Pengerjaan dimulai dari memotong rangka belakang yang kemudian dibuatkan kembali rangka tambahan dari pipa tubular diameter 1 inch. Desain double frame kanan kiri dibuat menyerupai rangka deltabox motor pabrikan asal italia ini. dipilih kelir merah menyala untuk frame tambahan yang baru supaya terlihat jelas ubahan yang diusung.

Komposisi ciamik hadirkan aura Hypermotard
Komposisi ciamik hadirkan aura Hypermotard

Mendongkrak tampilan hypermotard yang kekar, kaki-kaki juga wajib upgrade. Suspensi depan upside down dipadu dengan lengan ayun mono arm tampil apik dengan pilihan velg palang dan ban lebar khas motor bergaya supermoto.

Cangkok Mono Arm
Cangkok Mono Arm

Tangki motor bawaan ditanggalkan diganti dengan tangki hasil custom dari bahan dasar milik motor Honda Tiger. Dibuat ulang lebih aerodinamis mengikuti kontur motor. Urusan penerangan juga dilipih satu set headlamp berikut spakbor depan kepunyaan Kawasaki KLX.

Rangka tubular kelir merah memadatkan bodi motor
Rangka tubular kelir merah memadatkan bodi motor

Kemudi dipilih setang fatbar Acerbis yang biasa digunakan untuk piranti garuk tanah. Otomatis posisi riding tinggi didapat, rupanya ini disesuaikan dengan postur pemilik yang juga menjadi atlet nasional sepatu roda asal Semarang ini. l And

Lubang buang dobel label CLD
Lubang buang dobel label CLD

Data modifikasi : Kaliper Racing, Selang rem TDR, Handle rem KTC, Takometer Koso, Footstep Drive, Knalpot CLD, Ban BT016 150/60 dan 120/70 – 17 inch. Modifikator: Pap & Mam Modified, Semarang. Rief Painting and Airbrush, Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here