Grasstrack 2019 : Curi Ilmu Dari MXGP, Untuk Gelaran Grasstrack dan motocross Yang Berkualitas

176

Otospeed.id — Gelaran grasstrack dan motocross yang bertajuk Onesixeight MX Swallow Excel Motocross & Grasstrack yang digelar minggu lalu (29/9) di sirkuit Wanko, Bubakan, Mijen, Kota Semarang dianggap sebagai salah satu event motocross dan grasstrack terbaik.

Baik dari segi penyelenggaraan maupun dari segi lintasan sirkuit diakui cukup memanjakan para pembalap yang ikut beradu cepat di event garapan Indiel Racing Organizer.

Salah satu yang diacungi jempol adalah lintasan sirkuit yang cukup nyaman dan aman bagi para pembalap. “Lintasan cukup nyaman sehingga pembalap bisa memacu motornya maksimal,”beber Edi Ariyanto pembalap yang saat ini memperkuat tim Lovena NPRT Eaga.

Melihat lintasan yang dipakai memang ada hal yang berbeda dari event-event lain khususnya pemakaian sekam di sepanjang lintasan agar lintasan lebih lama menyimpan air setelah di siram. “Dengan adanya sekam di sepanjang lintasan menyebabkan debu menjadi berkurang dan motor bisa melaju dengan lebih kencang,”tambah Alif Agus Yain selaku pimpinan lomba.

Pemberian sekam mengurangi debu

Sebenarnya teknik pemberian sekam diadopsi dari MXGP yang telah sukses menggelar event dua kali di Semarang. Sedikit banyak teknik yang dipakai di MXGP coba diadopsikan pada penyelenggaraan event-event lokal.

“Sebenarnya masih ada lagi pemakaian oli yang di semprotkan ke lintasan sehingga motor yang di pacu lebih nyaman dan stabil, tapi kali ini belum kita aplikasikan,”tutupnya. Jack