Honda Sonic 2016 Semarang : Juara Tanpa Paking Silinder

0
89

Otospeed.id– Kiprah Kevin Stoner di balap road race mulai nampak mencuat setelah gabung dengan tim Seven Brother asal kota Semarang. Bermain di kelas bebek standar 150 cc (MP 5) pembalap yang punya basic grasstrack ini menjadi langganan podium.

Pembalap umur 15 tahun ini terlihat sudah menyatu dengan motor keluaran 2016 ini. Tahun kemarin merupakan tahun pertama  turun di road race, tahun ini mereka lebih optimis untuk lebih berprestasi lagi.

“Ubahan motor kita serahkan langsung pada Paijo mekanik yang sudah cukup berpengalaman menangani motor-motor kompetisi di Kota Semarang,”beber Kevin Stoner yang menggunakan nomor start 187 ini.

Seperti apa ubahan yang dilakukan oleh mekanik dengan nama KTP Dwi Mintarjo ini, berikut penuturannya.

Mesin. Di sektor mesin memang tidak banyak mengalami perubahan, karena terbentur dengan regulasi yang ada di kelas ini. Hanya menghilangkan paking silinder sehingga ruang bakar menjadi lebih padat. Rasio kompresi bisa naik menjadi 11,8 :1 dari standarnya yang 11,3:1.

ECU eraser andalan otak motor

Noken as. Noken as menjadi komponen yang wajib mengalami perubahan, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mesin durasi bukaan katup dirubah. “Noken as masih pake standar Sonic  dengan melakukan penyesuaian,”beber Paijo mekanik yang beralamat di Damar Wulan 1, Semarang Barat.

Durasi Katup. Durasi bukaan katup didapatkan sebesar 260 derajat untuk katup IN sedangkan katup EX dipatok sebesar 259 derajat.

“Durasi katup tersebut didapatkan dari katup IN yang membuka pada 20 derajat sebelum TMA dan menutup pada 60 derajat setelah TMB, sedangkan untuk katup EX membuka pada 60 derajat sebelum TMB dan menutup 19 derajat setelah TMA,”terang mekanik yang punya target tiga besar pada HDC tahun ini.

Trottle Body. Komponen ini memang tidak boleh diganti tapi boleh melakukan reamer agar supply bahan bakar yang lewat injektor lebih lancar.

“Reamer trottle body menjadi 32 mm diimbangi dengan pemakaian injektor comotan dari Ninja 250 cc,”sambung mekanik yang memilih injektor ini karena mempunyai lubang 10 dan mampu mensupply semprotan bahan bakar pada rpm rendah sampai tinggi secara konstan.

Bubut magnet. Bubut magnet dilakukan setebal 1 mm untuk mendapatkan putaran yang lebih ringan tetapi torsi motor masih tetap terjaga. |OS1

 Data Modifikasi

ECU       : Araser RC 1 Super

Final Gir : 14/48

Knalpot   : Long Lider

Baca Juga :http://otospeed.id/2018/03/31/rina-siomay-the-best-women-drag-bike/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here