Honda Tiger Pakai Baju Honda CB

Otospeed.id – Berpenampilan ala Honda CB itulah yang terjadi di Honda Tiger keluaraan Tahun 1997. Jika dilihat pasti akan tercengang banyangkan motor yang berbasis satu silinder dimodifikasi menjadi dua silinder. Hasil karya ini dibuat oleh Modifikator Bengkel Jahat Semarang. “Kita ingin mengahasilkan sesuatu yang berbeda du dunia modifikasi, perbedaan yang tidak ekstrem kita lakukan di motor Honda Tiger dengan cara memasang 2 silinder dari Suzuki Satria FU,”buka Agus sang modifikator.

cakram depan lebih pakem

Ide awal bisa membangun motor ini berawal dari melihat motor sport yang memiliki 2 silinder. Proses penggabungan 2 mesin motor yang berbeda jelas perlu perhitungan yang detail dan matang, karena jika salah niscaya mesin tidak akan bekerja dengan maksimal. Menggabungkan 2 silinder Satria FU pada kalter Honda Tiger diperlukan presisi yang pas, di bagian silider Satria FU disejajarkan otomatis bagian kruk as wajib mengikuti.

Setelah blok kalter didesain ulang sebelumnya dicor terlebih dahulu, posisi kruk as masih tetap memakai Honda Tiger dengan melakukan perubahan yang bersifat penting. Lagi-lagi kruk as kena lagi supaya kuat perlu dilakukan pengelasan dan durability yang benar-benar bisa dipertahankan. Selanjutnya untuk menggerakkan katub posisi timing chain disesuaikan, otomotis untuk posisi rantai kamprat didesain ulang lagi supaya bisa bekerja dengan baik dan sempurna.

Dari bagian-bagian yang sudah dirombak pasti ada bagian yang sulit yaitu menentukan timing pengapian dari 2 busi yang ada di 2 silinder tersebut. Karena jika timing pengapian tidak pas maka kerja mesin tidak bisa maksimal. “Pick up coil kita lakukan berkali-kali penggeseran untuk mendapatkan pengapian yang pas,”jelas Agus dengan mimic gembira. Mengimbangi kebutuhan pengapian di bagian spul pengapian Honda Tiger dilakukan spul ulang agar menghasilkan listrik yag besar.

ini yang bikin larinya kenceng

Untuk CDI dipasang punya motor Suzuki Shogun dengan kelebihan non limiternya. Sedang supply bahan bakar dipercayakan ke karburator NSR SP 2 buah menyesuaikan kapasitas mesin yang mengalami pembengkakan dari pemasangan piston Honda Tiger yang over size 50. Untuk rangka terutama rangka tengah dan tangki dibuatkan baru untuk menampung 2 mesin.

Ini yang ditunggu-tunggu yaitu proses finishing, guyuran warna biru menghiasi hampir seluruh body motor. “Sangat puas dengan hasilnya bentuknya sudah berubah total dan siap untuk diajak riding keliling kota,”tutup Agus sang modifikator handal dari Semarang.|Imam

Data modifikasi

Modifikator        : Mesin Jahat (085742772849) 

Kruk As            : Honda Tiger

Rantai Timing : satria FU

Karburator         : Honda  NSR SP

Spion              : HD

Head Lamp     : HD

Stop lamp          : HD

Oil cooller        : Loekhart

CDI                : Shogun