Ini Rahasia Ninja Standar Tercepat Di Gelaran Dragbike Meikarta Minggu Lalu

            Otospeed.id – Dragbike minggu lalu di Meikarta Kawasaki Ninja berkelir bendera Palestina ini cukup digdaya mampu mengalahkan lawan-lawannya. Motor dari tim Monalisa Optik Martapura Rafa Racing ini menjadi tercepat dengan catatan waktu 7,194 detik.

Dimas Bangkit, pembalap pemula yang mampu menaklukkan motor Ninja ini

Dengan pembalap Dimas Bangkit seolah-olah motor ini sudah menemukan kembali ruhnya, “Motor ini sebelumnya milik dari Boter, sejak 2018 kita rawat dan upgrade dan hasilnya motor ini seringkali mencatatkan waktu terbaik,”buka Okky Rafa pemilik tim asal Cilacap, Jawa Tengah ini.

Ubahan yang mencolok dilakukan pada kruk as yang telah aplikasi kruk as ZX dengan menaikkan stroke, “Stroke dirubah dari sebelumnya 0,8 mm jadi 1 mm geser keluar,”beber Agung mekanik dari Botol Terbang, Magelang yang masih setia mengawal motor ini.

Dengan ubahan yang dilakukan pada stroke ini, menurut Dimas Bangkit selaku joki yang mengendarainya, motor menjadi lebih licin saat start dan operan giginya menjadi lebih nyaman. “Yang pasti menurut Dimas motor menjadi lebih cepat melesat sejak mulai start,”sambungnya.

Ubahan juga dilakukan pada bagian knalpot, untuk bagian ini aplikasi dari produk terbaru KDX.  Produk terbaru KDX dengan perut knalpot lebih besar ternyata efektif mengail tenaga dari putaran bawah sampai atas ngisi terus.

Untuk ubahan berikutnya dilakukan pada sektor rasio, pada bagian ini ubahan sama dengan motor-motor yang lain gigi 4,5,6 dibiarkan masih standar. Ubahan hanya dilakukan  pada gigi 1,2, dan 3.

“Untuk gigi 1 (16/29), 2(19/28), 3(25/std) sudah sesuai dengan karakter sang joki yang menginginkan motor melesat cepat setelah start,”jelas Okky yang juga mendapatkan support dari pengusaha asal Kalimantan.

Ubahan yang tidak kalah pentingnya di motor 2-tak adalah porting pada lubang buang, untuk lubang buang di seting pada 29,5 mm diukur dari bibir silinder atas.

Selanjutnya untuk karburator, pilot jet ukuran 70 disandingkan dengan main jet 155 dirasa yang paling pas untuk memasok kebutuhan bahan bakar ke ruang bakar. “Urusan karburator kita serahkan pada Kendar karburator untuk setingnya,”terangnya.

Terakhir, urusan pengapian khususnya CDI dipercayakan pada RC 100 yang memang sudah dipercaya tangguh di arena dragbike.OS01