Inovasi Teknologi Sepeda Motor Terbaik Yang Muncul Dari Balapan

0
76

Otospeed.id – Banyak inovasi dan teknologi yang saat ini berkembang di sepeda motor pada awalnya adalah teknologi yang ada di ajang balap. Tentu saja balapan sebagai media untuk mengetes teknologi tersebut berjalan dengan baik, selanjutnya  aplikasi di motor harian.

Apa saja teknologi pada sepeda motor yang pada awalnya adalah teknologi yang dipakai di balapan, berikut rangkumannya:

Aero winglets

Winglet pada motor Ducati

Sudah menjadi rahasia umum bahwa balap adalah ajang pembuktian bagi teknologi untuk akhirnya turun ke sepeda motor harian. Teknologi yang awalnya di balapan adalah winglets. Terlihat pada motor seperti Aprilia RSV4 RF LE, RSV4 1100 Factory, Ducati Panigale V4 R, dan bahkan MV Agusta Brutale Serie Oro.

Tidak butuh waktu lama bagi teknologi aerodinamika MotoGP untuk memasuki produksi  massal. Efektivitas teknologi ini bagi pengendara jalanan untuk menjaga roda depan mereka tetap rendah.

mungkin ada sedikit keraguan, karena winglets asli dirancang untuk berfungsi pada kecepatan yang sangat tinggi, tetapi dengan adanya winglets menambah keyakinan jalanan.

Quickshifter

Quick shifter pada KTM

Quickshifter merupakan teknologi pada sepeda motor balap yang bertujuan untuk membantu pengendara saat kehilangan shift, karena anda menarik kopling atau tidak melepaskan throttle pada waktu yang tepat. Hal ini bisa menjadi perbedaan antara menang dan kalah.

Quickshifter juga bagus untuk pengendara jalanan, terutama jika Anda terjebak kemacetan. Terlebih lagi, quickshifter tidak hanya diperuntukkan bagi sepeda motor premium lagi, banyak sepeda datang dari pabrik dengan quickshifter, dan yang tidak mungkin dipasangi sistem aftermarket dengan harga yang relatif murah.

 

Sistem antarmuka pengguna tingkat lanjut

Hanya masalah waktu sebelum resolusi warna sebening kristal dan fungsionalitas layar sentuh berjalan dari telepon ke kelompok instrumen sepeda motor, dan beberapa layar sepeda motor saat ini sangat menakjubkan untuk dilihat.

Harley-Davidson, India, BMW, dan Ducati hanyalah beberapa dari OEM dengan layar yang begitu jelas dan tajam sehingga kita akan merasa nyaman saat melihatnya.

Di samping itu ada juga yang dilengkapi dengan kemampuan layar sentuh, koneksi Bluetooth, Apple Carplay, Android auto, dan banyak lagi.

Aplikasi telepon

Aplikasi telepon sangat populer akhir-akhir ini aplikasi ini sudah terhubung langsung dengan sepeda motor.  Misalnya, salah satu fungsi sistem Aprilia APRC adalah menggunakan aplikasi telepon pintar, bersama dengan GPS telepon, untuk menentukan penempatan sepeda di lintasan dan menyesuaikan kontrol traksi per sudut tertentu

Yamaha juga mengaplikasi  Y-TRAC dimana sistem ini mengakuisisi data untuk pengendara R1M, yang memungkinkan mereka untuk melihat input pada motor, serta setiap intervensi dari pengendara, per putaran. Yamaha juga telah mengaplikasikan teknologi ini pada motorcross.

Suspensi elektronik

Dengan kemajuan teknologi, sekarang dimungkinkan untuk memiliki suspensi elektronik. Berbagai sensor terhubung dengan ECU beberapa kali per detik, yang kemudian dapat secara elektronik menyesuaikan kompresi dan rebound redaman.

Beberapa sportbikes tersedia dengan e-suspensi, karena menawarkan kompromi yang baik untuk sebagian besar pembeli sportbike yang butuh kenyamanan saat berkendara.

IMU

Inovasi teknologi tunggal terbesar dalam dua dekade terakhir ini adalah Inertial Measurement Unit, atau IMU. Mampu memantau posisi sepeda motor melalui giroskop dan akselerometer.

IMU – bersama dengan berbagai sensor lainnya – telah memungkinkan teknologi untuk membuat sepeda motor lebih cepat dan lebih aman. Alat bantu pengendara seperti menikung ABS, kontrol traksi prediktif (berlawanan dengan reaktif), kontrol geser, kontrol roda, dan kontrol luncur tidak akan mungkin jauh lebih canggih tanpa IMU.

foto : motorcycle.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here