Kolaborasi Honda Dream vs Honda CB 100

Otospeed.id – Motor tua dan klasik memiliki sensasi yang berbeda seperti punya Indro Winadi warga Karangayar Honda CB keluaran Tahun 1973 ini terawat habis. “Motor tua kalau dirawat dengan benar pasti akan menuai hasil yang beda, karena tidak sembarangan orang bisa merawat motor tua, dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi,”terang Hendro Winadi Guru SMK 10 November Semarang.

Benar sekali apa yang diungkan bapak guru ini, motor tua butuh waktu ekstra untuk merawatnya. Terinspirasi dari Honda Dream yang identik dengan double knalpot, motor Honda CB punya Hendro dicoba untuk mengaplikasikan tampilan Honda Dream ke Honda CB 100, dan hasilnya wow keren??. “Tampilan klasik dari Honda Dream kelihatannya cocok buat modifikasi di Honda Cbku,”ungkap Hendro Winadi bapak guru yang suka modif ini.

Tangki gendut khas Honda Dream

Jika dilihat tampilan dari Honda Dream yang lebih gambot maka perlu adanya restorasi ulang di bagian tangki dan ban, serta rangka juga kudu disetting ulang sehingga hasilnya akan lebih proposional. Bagian rangka dibuat lebih besar disambung pakai plat besi, untuk penambahan lebar sebanyak 4 cm sehingga dimensinya jadi proposional. Proses melebarkan rangka tetap ada hitugannya supaya hasilnya benar-benar presisi. Sebagai patokan pelebaran rangka titik tengah roda depan harus segaris dengan titik tengah roda belakang. Setelah rangka jadi lebih lebar langka selanjutnya lengan ayun juga kudu mengikuti, pada bagian lengan ayun dipilih punya Kawasaki Athlete yang mempunyai jarak lebih lebar.

spedometer original

Urusan rangka dan lengan ayun kelar lanjut ke bagian dapur pacu mesin. Pada dapur pacu dipasang aplikasi kepala silender yang mempunya dua saluran buang. “Kepala silinder model seperti ini didapat dari motor Happy,”jelas Bapak Guru keren ini.

Langkah piston diperpanjang 3,5mm dengan harapan torsi lebih besar didapatkan, sedangkan untuk pengapian mengandalkan punya Honda Tiger.  Terakhir untuk finishing diserahkan ke UUT One’s, warna motif merah polos dengan sentuhan gradasi pada beberapa bagian menjadikan motor terlihat lebih fresh. “Sungguh keren bro tampilan motorku sekarang, diajak touring juga mantap,”tutup Hendro Winadi sang Guru gaul asal Karangayar. |Alim

Data Modifikasi

Bengkel Mesin           : Eko Kodok (Buluq) (085640098111)

Bengkel Modifikasi     : UP. SMK Snop (085747866214

Sok Depan                : Yamaha Byson

Sok Belakang            : Honda GL Pro

Tromol Depan           : Scorpio