Nih Ramuan Manjur Merombak Kaki – Kaki Honda ADV Dari RCB by Modifikator Robby Genie “Velg RCB SP811 Senjatanya”       

3031
Modifikasi Honda ADV

Otospeed.idArti modifikasi yaitu merubah bentuk standart menjadi bentuk yang berbeda sesuai dengan selera dan tentunya budget, berbicara soal modifikasi tidak lepas dari ide kreatif dari sang modifikator.

Siapa yang tidak kenal beliau Robby Genie yang juga bertugas sebagai Research & Development (R&D) untuk part asesoris RCB asal Malaysia. Jiwa modifikasinya mendukung sebagai modifikator yang ingin selalu melahirkan karya – karya baru dalam hal modifikasi motor.

Diawali dari karya modifikasi motor matik bongsor yang lagi trend Robby Genie sudah menghasilkan karya yang keren habis.Modifikasi awal dilakukan pada unit motor Max seri salah satunya Yamaha Nmax, disusul produk terbaru dari Honda yaitu Honda ADV.

Honda ADV Semakin Gagah

Kali ini modifikasi yang diusung Robby Genie pada Honda ADV fokus di sector kaki – kaki ADV yang kekar. Untuk mengimbangi body ADV yang sporty dan lebih garang kaki – kakinya dibuat kekar. “Kalau menurut saya Honda ADV untuk body atasnya sudah kelihatan sporty. Nah biar lebih kelihatan garang lagi, sektor kaki-kakinya juga harus dibuat gembot,”jelas Robby.

Part aksesoris RCB di bagian velg dipilih VELG RCB SP 811, peleg ini biasanya diaplikasikan ke NMax karena tapaknya besar, sedang standart ADV depan 2,50 x 14” dan belakang 3,50 x 13”. Ukuran velg RCB SP 811 buat Nmax memilki ukuran depan 3,50 x 14” dan belakang 4,00 x 14”.

Selain velg RCB SP 811 yang dipakai buat merombak tampilan kaki-kaki Honda ADV, Robby juga menyiapkan seperangkat brake system. Untuk disknya memakai RCB S series untuk depan dan belakang. Sedang untuk calipernya memakai model S Series untuk depan, sedang yang belakang pake model S2. Dengan warna merah marom, jadi lebih elegan tampilan fashionnya.

Peleg RCB SP811 & Knalpot Proliner

Mengulas soal modifikasi tentu tidak lepas dari proses handmade (custom). Disinilah terlihat seninya modifikasi. “ Pertama velg depan sebelah kanan dibubut cukup banyak untuk dudukan disk 14mm. Lanjut ke dudukan sensor speedo dikepras habis sampe rata degan bering. Bering house juga harus dipotong rata dengan bering. Untuk sebelah kiri terdapat bering house juga harus dipotong rata dengan bering. Jadi intinya kiri dan kanan kena pisau bubut tinggal menyesuaikan busing rodanya saja,”jelas Robby.

Lanjut ke bagian pengereman dimana disk belakang diameter luar nmax 230 untuk bisa dipasang ke ADV  perlu di sunat diameter luarnya jadi 220, supaya tidak berubah braket kaliper belakang. Sedang caliper digeser kedalam dan supaya bisa mencengkram caranya lubang lama dibraket caliper lalu ditambal las setelah itu di drat ulang sesuai ukuran.

Velg RCB SP811

Setelah proses kaki dan body beres lanjut ke bagian velg, di bagian velg dipasang sport rim RCB SP 811 sepaket disk S series depan belakang. Proses custom lebih banyak ke bermain ke mesin bubut untuk penyesuaian ADV. Perlu diketahui untuk velg RCB Nmax ini 350 dan 400 x 14 sedang velg ori ADV 250/14 dan 350/13, jadi langkah awalnya velg depan sebelah kanan dibubut cukup banyak untuk dudukan disk 14mm lanjut ke dudukan sensor speedo dikepras habis sampai rata dengan bering.

Proses modifikasi memakan waktu sangat singkat 3 x 24 jam saja, ingin tahu dimana prosesnya ??? prosesnya dilakukan di markas besar RND RCB Indonesia yang beralam di Citra Raya Tangerang.

Ingin tampilan motor kamu kece garang dan tentunya tetap safety pakai produk part RCB, untuk harga juga bersahat jadi tidak takut untuk selalu berkarya dan berkreatifitas.|@hm