Part Akseso RCB Pilihan Jitu Pecinta Modifikasi Tanah Air “Style Bonsai Mini Retro Custom”

             Otospeed.id – Tangerang. Dunia custom kembali ramai, hal ini bisa dilihat dari hasil modifikasi motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2005 asal Tangerang. Istilah bonsai untuk rekayasa modifikasi yang dilakukan oleh Robby Ganie, selaku Quality Control produk part aksesoris RCB asal Malaysia. Hasil karya modifikasi kuda besinya berpenampilan unik dengan konsep style modifnya bergaya Retro Custom Minisize.

Tapi tetap menampilkan aura gahar alias garang seperti tampilan motor normal, terlebih setelah melibatkan part akseso RCB melengkapi penampilan gaya fashionnya. Kesan eleganpun terlihat pada detailing bodipart, yang hampir 90 persen sudah dirombak oleh Robby Ganie. “Emang part RCB itu plug and play, tapi bagi modifikator itu kurang ada tantangannya. Justru yang sudah masuk ranah custom lebih mempunyai tingkat kesulitan saat membangun motor, pastinya itu lebih menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku modif,”jelas Robby Ganie. R1F

BODY STYLE MINI RETRO CUSTOM

Berbicara istilah bonsai sendiri melekat pada pelaku trainer dunia tanaman hias asal Jepang yang jago dalam mengkerdilkan tanaman atau pohon hingga bisa tampil kecil, tapi pola pertumbuhannya seperti pohon tua yang hidup di alam bebas. Seperti itulah kira-kira kalau melihat definisi modifikasi  kuda besi karya Robby yang punya hobi otak-atik motor di ruangan kantor  RND-Racing Boy yang berada di Citra Raya Utama Barat, Ruko Griya Harsa Blok I-10 No 6, Cikup, Tangerang.

Bermodal basic motor Yamaha Jupiter Z keluaran tahun 2005,  Robby merubah frontal tampilan body motornya dengan rekayasa custom. Frame rangka depan hanya dipangkas 7cm saja. Dilanjutkan bagian subframenya juga sudah dicustom dengan menggunakan pipa stainless memiliki diameter 26mm ketebalan 2mm. Ukuran subframenya sudah dihitung matang oleh Robby, untuk mendapatkan tinggi motor yang ia inginkan. “Rekayasa mekanisme untuk body utamanya sengaja aku buat ceper dan kuntet biar kelihatan padat berisi,”ungkap Robby.

Robby selaku eksekutor modif motor menjelaskan bahwa retro custom sendiri lebih ditekankan pada tampilan stylenya karena beberapa item part yang terpasang. Terutama untuk stangnya diakali sendiri oleh Robby dibuat menjuntai ke atas, menggunakan bahan pipa seamless berdiameter 25mm, sedangkan untuk stirnya menggunaka aksesoris merk PSM.

KAKI BOMBER DIBUAT NYAMAN DENGAN PEREDAM KEJUT RCB

Untuk swing armnya atau lebih sering disebut lengan ayun, ditancapkan milik Kawasak Kaze tapi dipangkas dulu hingga 90mm. Baru setelah itu ditancapkan velg ori bawaan Yamaha Nmax ukuran 300 ring 13 untuk depan dan belakang memakai ukuran 350 ring 13 baru dililit karet hitam Zeneos sesuai ukuran velgnya. Dengan meggunakan ukuran ban tadi, menjadikan kaki-kakinya terlihat gembrot.

Bagian depan masih memakai shock orinya Jupiter Z hanya saja as shock pakai Satria FU juga sudah dipendekkan 5 cm. Sedang untuk suspensinya jelas memkai brand RCB type RB 2 plus dibuat miring hingga 38 derajat. Juga footstep dan beberapa pernak-pernik part akseso pendukung lainya juga menggunakan RCB. Ini yang menjadi daya tarik, lewat tangan Robby yang kreatif

DETAILING & FINISHING MIRIP HASIL PABRIKAN

Sedang soal detailing dan finishing penampakan modif motor ini jangan diragukan lagi. Perhatikan anjungan bawah pada sisi swingarmnya, oleh Robby dikasih warna senada hitam dengan proses EDP (Elektronik Diposision Painting). Jadi terlihat hasil paintingnya lebih sempurna dan menghasilkan nilai fashion yang tinggi. Digamblangkan lagi oleh Robby, istilah umumnya system paintingnya ini biasanya disebut cat celup, dengan kelebihannya yaitu tahan panas hingga 140 derajat dan anti goris. Nah…istimewakan.

Modif motor harus layak jalan, itu yang selalu menjadi pedoman Robby dalam setiap menelurkan karya modifnya. “Biasanya adakan motor kontes yang hanya berdiri seperti patung, artinya motor tadi tidak layak jalan atau mesinya tidak nyala. Itu saya kurang suka, maka setiap kontes seharusnya dilakukan cek jalan dulu,”protes Robby.

Untuk melengkapi power enginnya, Robby mempersenjatai dapur pacunya dengan karburator UMA 28mm, dilengkapi CDI UMA type IMC digital untuk mensetting pengapiannya. Canggih bukan. Kemudian direkayasa lagi box hawa untuk pernapasan mesin menggunakan tangki bbm bekas mesin potong rumput, sekaligus sebagai part untuk penutup kekosongan ruang dibawah tangki yang sudah menancap dibody motor. Finishing body utama lainya disembur cat candy warna biru sebagai identitas warna api biru kebanggaan pabrikan motor berlogo Garputala-Yamaha. Jadi bila sekilas diperhatikan motor karya modifikasi Robby Ganie ini mirip sekali dengan motor pabrikan. |Tim Adv