PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group Raih Sertifikat ISO9001:2015 Konsisten Mempertahankan dan Meningkatkan Mutu Layanan

Otospeed.id Semarang. PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group sebagai dealer resmi Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, menerima sertifikat Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015) dari badan sertifikasi PT TUV Rheinland Indonesia.

Penyerahan sertifikat ISO diselenggarakan di Met Duck Resto, Selasa malam (27/11) dihadiri oleh direksi dan manajemen PT. New Ratna Motor dan Nasmoco Group, PT Bintraco Dharma, PT TUV Rheinland Indonesia sebagai auditor dan Trust Consulting sebagai konsultan, serta rekan-rekan wartawan dari media yang meliput kegiatan ini.

Proses sertifikasi ISO 9001:2015 dilaksanakan selama kurang lebih 7 bulan, meliputi proses 1.Kick-off ISO 9001:2015, 2.Initial Review / Gap Analysis, 3. Awareness & Risk Management Training, 4.Design & Development Procedure, 5.Implementation, 6.Internal Audit, 7.Management Review Meeting, dan terakhir 8. External audit, dibantu oleh Trust Consulting.

Akhirnya, pada tanggal 3 Agustus 2018, PT New Ratna Motor telah dinyatakan lulus sertifikasi ISO 9001:2015 oleh eksternal auditor PT. TUV Rheinland Indonesia. Melalui sertifikasi ISO 9001:2015, PT New Ratna Motor terikat untuk menjalankan proses bisnis dan proses kerja sesuai dengan standar ISO.

(ki-ka): Kartini Aprilia GM Corp HRD & Performance Management Bintraco Dharma. Fatrijanto, Managing Director Nasmoco Group. Sapto Hariyono, Head of TUV Rheinland Yogyakarta. Trusti Aulia, Trust Consulting Director.
(ki-ka): Kartini Aprilia GM Corp HRD & Performance Management Bintraco Dharma. Fatrijanto, Managing Director Nasmoco Group. Sapto Hariyono, Head of TUV Rheinland Yogyakarta. Trusti Aulia, Trust Consulting Director.

“Sertifikat ISO 9001:2015 ini menjadi bukti bahwa pelayanan Nasmoco telah memenuhi standar internasional dalam upaya memberikan kepuasan kepada pelanggan. Melalui organisasi yang efektif dan efisien disertai sistem kerja yang terstruktur, pada akhirnya kepuasan kepada pelanggan akan terwujud.”, terang Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto.

Di tengah dinamika pasar otomotif yang semakin kompetitif, Nasmoco Group di usianya yang ke-57 tahun dituntut untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga tercipta delight experience. “Kami optimis dengan diakuinya standar kerja dan standar pelayanan Nasmoco Group kepada pelanggan melalui ISO 9001:2015, Nasmoco dapat meningkatkan kepercayaan dan pelayanan konsumen”, sambungnya.

Fatrijanto menambahkan, sebagai pionir saat ini diwakili Nasmoco Kaligawe, dan nantinya akan diteruskan tahun depan Nasmoco lainnya di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. “Terima kasih kepada para pelanggan setia kami, dari waktu ke waktu tentunya karena kepercayaan pelanggan kepada kami yang membuat kami bisa seperti sekarang ini”, tambahnya.

Sertifikasi ISO 9001:2015 sejalan dengan arahan PT. Bintraco Dharma sebagai holding company yang telah listing di Bursa Efek Indonesia agar PT. New Ratna Motor & Nasmoco Group melaksanakan sistem manajemen mutu berstandar Internasional. Hal ini semakin melengkapi pencapaian PT. New Ratna Motor dan Nasmoco Group yang telah memenuhi standarisasi dari PT. Toyota Astra Motor (TAM) terkait dengan operasional di area sales (penjualan) maupun area aftersales (suku cadang dan layanan bengkel).

“Sekarang ini PT Bintraco Dharma memiliki 1160 pemegang saham, kebanyakan berhadapan langsung dengan customer. PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group sebagai barometer kinerja Bintraco Dharma, dan memang yang pertama kali yang memperoleh sertifikat ini. Kedepannya bisa membangkitkan motivasi lebih besar dan meningkatkan kinerja dari PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group“, ungkap Kartini Aprilia GM Corp HRD & Performance Management Bintraco Dharma. l And