Racer Era Tahun 1990 : Roy Adrianto Sosok Racer Indonesia Yang Mendunia

0
154
Foto: dokumentasi

Otospeed.id – Cak sebelumnya kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga puasa kita diterima oleh Allah SWT, mumpung Bulan Ramadhan alangkah indahnya kita mengenang, mengingat dan mengulas hal-hal yang baru pointnya kita flash back lagi di era 90’an. Asal speed lover’s tahu banyak atlit berbakat Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di kancah kompetisi dunia.

Kali ini otospeed.id akan memperkenalkan racer Indonesia yang namanya pasti teman-teman sudah mengenalnya terutama para racer senior era 90’an. Namanya Roy Adrianto lahir pada 14 Desember 1978 dan di Tahun 1994 bergabung dengan Yamaha.  Roy mengawali awal balapan di balap garuk tanah alias grasstrack dengan bekal motor Yamaha Force 1, nah di Tahun 1993 berkat prestasi yang sangat cemerlang Roy ditarik ke team pabrikan bergabung di Yamaha Sumber Baru Motor Jogja.

Special di Tahun 1994 Roy langsung bergabung dengan Yamaha Indonesia mengikuti kelas Junior Grasstrack Bebek TU dan Sport TU tetap dengan motor andalan Yamaha Force 1 dan Yamaha RXZ, bermain di kelas bebek dan sport langsung menjadi juara nasional 2 tahun berturut-turut. Prestasi demi prestasi di grasstrack pada Tahun 1996 Roy naik kelas SE 125cc Junior dan masih setia dengan Team Yamaha Indonesia.

Di sela-sela jeda balap Motocross Roy mulai berani terjun ke garuk aspal alias Road Race dan langsung mengikuti event YCR di Sentul, di Kelas Bebek Standart Open Roy mencetak podium 1 . Melihat prestasi yang hebat Roy diberi kesempatan berlatih di Kenny Robert Training Ranch Barcelona Spanyol bersama Ade Taruna dan Tobun. Tahun 1997 bergabung di Marlboro Team Robert Asia mengikuti kejuaraan ARRC di Kelas SP 250cc bersama rekan satu team dari Malaysia Chow Yan Kit dan Wazi Abdul Hamid.

Masih ingat di Tahun 1997 Asia terkena krismon yang berdampak ke team Asia yang berdampak ke sponsor sehingga Tahun 1998 Roy kembali berkompetisi di Nasional mengikuti Kelas Bebek TU Seeded di Team Yamaha Marlbore Daytona sampai Tahun 1999, nah di Tahun 2000 Roy kembali bergabung dengan Team Yamaha Indonesia bersama sponsor Caltex untuk mengikuti kompetisi kejurnas di Kelas Bebek 110cc TU 2T, 125cc Tu 2T dan Sport 150cc TU 2T. Nah di Tahun 2001 Roy terakhir berkarir balap di Team Yamaha Bisma Bali mengikuti kompetisi Kejurnas Region 3.

“Sepanjang karir balap yang aku lewati penuh dengan halangan dan tidak selalu mulus, pesanku buat para racer teruslah berkarya, berkompetisi yang sportif dan tunjukkan kepada dunia International bahwa racer Indonesia juga bisa berprestasi,”terang Roy Adrianto.

Roy Adrianto

Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang pengusaha sukses di daerah Solo hati dan pikirannya tidak bisa lepas dari dunia balap baik balap tanah ataupun aspal, sosok Roy Adrianto di setiap ada event balap selalu hadir disana. Salam Sukses Otomotif Indonesia. |OS1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here