Cara Aman Habis Mudik : Ada Enam Komponen Motor Wajib Dicheck

12

           Otospeed.idRitual mudik bagi masyarakat Indonesia sangat sakral, bermaaf-maafan dan sungkeman dengan orang tua, saudara, kerabat dan tetangga merupakan moment yang sangat berharga, lebaran di kampung yang dinanti – nanti akhirnya semua harus balik lagi ke daerah masing – masing.

Mudik dan Balik dua kata yang tidak bisa dipisahkan, kali ini otospeed.id akan memberikan tips buat berkendara motor habis balik dari kampung halaman, hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan buat motornya setalah sampai di rumah kembali. Setelah melakukan perjalanan sangat jauh tentunya beberapa komponen atau sprepart di motor khusunya motor matic banyak mengalami gesekan – gesekan, supaya tidak menyesal alangkah baiknya dilakukan pengechekkan.

Baca Juga : https://otospeed.id/tips-dan-trik-hemat-bahan-bakar-mobil-saat-hadapi-arus-balik/

Komponen yang wajib dilakukan pengechekkan selesai mudik di kampung halaman :

  1. Check Pengereman

Sistem pengereman sangat penting, karena perjalanan yang jauh pasti kondisi kampas rem ada yang sudah aus, jika terlihat sudah habis alangkah baiknya segera diganti baru demi keselamatan.

  1. Check CVT

Dalam CVT ada beberapa komponen yang wajib dicheck yaitu roller, v-belt serta kampas kopling. Jika menemukan ada yang wajib diganti sangat disarankan untuk diganti.

  1. Check kaki – kaki

Bagian kaki – kaki juga perlu dicheck mulai dari peleg, shocbeker depan dan belakang, perjalanan yang jauh pasti akan mengakibatkan shockbeker perlu kerja keras dan resiko kebocoran pasti terjadi.

  1. Check oli mesin dan oli transmisi

Nah ini komponen yang sangat vital tanpa oli atau pelumas bisa berakibat mesin menjadi overhead, dan bisa merusak komponen di dalam mesin.

  1. Check kelistrikan

Kelistrikan juga perlu dilakukan pengechekkan, check semua kondisi kabel dan kondisi aki pastikan aman dipakai.

  1. Check kondisi ban

Ban juga juga jika kondisi ban sudah aus segera lakukan penggantian ban, karena ban yang sudah halus sangat berbahaya untuk dipakai di jalanan.

Baca Juga : https://otospeed.id/tips-cek-persiapan-sebelum-mudik/

Proses pengechekkan semua itu demi keselamatan bersama, semua wajib dilakukan pengechekkan sebelum dan sesudah perjalanan, dengan melakukan pengechekkan dan penggantian komponen yang sudah waktunya diganti perlu dilakukan. |@hm