3 Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet

Otospeed.id – Jakarta. Pengguna motor matic di tanah air sangat banyak, hal ini dikarenakan sistem pengoperasiannya sangat mudah sehingga masyarakat lebih memilih matic. Namun dibalik kemudahan kita juga wajib untuk merawatnya salah satunya komponen bagian V-belt.

V-belt punya peran sangat penting pada skutik karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda. Apalagi jika kita sering menggunakannya sudah barang tentu untuk selalu kita cek kondisinya. Nah supaya kita bisa mesra, dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) akan berbagi tips cara merawat V-belt supaya lebih awet, yaitu :

  1. Rutin Cek V-belt

Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelah itu harus dilakukan penggantian. Namun hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

  1. Hati-hati Dalam Menggunakan Aksesoris Balap

Meskipun aksesoris balap dapat membuat tampilan skutik semakin stylish, namun komponen yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain. Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, maka sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor anda. Sehingga secara kualitas pun tetap terjaga.

  1. Penggunaan Skutik Secara Normal

Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Ingat, sepeda motor yang anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika anda memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan juga dapat memperpanjang umur v-belt skutik anda.

Technical Service Division AHM Endro Sutarno mengatakan v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima.

V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan konsumen Honda. Pengecekan secara berkala di AHASS sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,”ujar Endro. |Advertise