Otospeed.id – Setelah pengadilan banding mengesahkan komponen pada lengan ayun Ducati sebagai komponen pendingin ban, MegaRide coba memberikan bukti nyata bahwa komponen tersebut sah dan tidak melanggar aturan.
MegaRide merupakan sebuah perusahaan Italia yang bekerja pada bidang termodinamika ban secara real time. Dikatakan oleh CEO & Co-Founder Flavio Farroni perusahan ini meneliti fenomena kompleks yang timbul pada permukaan ban dan jalan.
Mereka adalah teknisi dan akademisi, yang mengerjakan kegiatan lab dan pemodelan. “Sangat menarik dipanggil sebagai saksi untuk Pengadilan Banding oleh mitra kami, data yang ada pada kami menjadi bukti utama di pengadilan,”beber Farroni.
Inti masalahnya adalah apakah spoiler swingarm dirancang untuk mendinginkan ban belakang, seperti yang diklaim Ducati, dan bukan menjadi bantuan aerodinamika penghasil tenaga, seperti yang dituduhkan para pesaingnya.
Farroni mengatakan bahwa perangkat tersebut untuk menciptakan fluks pendingin yang memungkinkan ban bekerja dalam kisaran optimal. Secara sederhana, perangkat ini digunakan untuk mengarahkan aliran udara segar ke permukaan eksternal tyre.
Ditanyai teori bahwa Ducati mungkin dapat menunjukkan suhu ban yang lebih rendah karena downforce ekstra yang disebabkan oleh komponen tersebut, Farroni menjawab bahwa itu akan memiliki efek sebaliknya.
“Dari kami buktinya jelas, kami tidak bisa mengukur efek yang ditimbulkan oleh perangkat tersebut, tetapi dari sudut pandang kami, target dari pemasangan perangkat tersebut hanyalah untuk mencapai suhu ban yang optimal,”bebernya.
Apakah perlu pendinginan ban saat bermain pada suhu malam hari yang mencapai 19 derajat? Ini yang mungkin masih menjadi pertanyaan lanjutan.OS1