Otospeed.id – Semarang. Speedlovers pasti pusing tujuh keliling jika motor kita tiba – tiba trouble, apalagi waktu melakukan kegiatan adventure atau trabas khususnya motor Trail Suzuki TS, motor yang sudah didesain untuk adventure menerjang daerah hutan dan pegunungan ini memang cukup tangguh untuk diajak trabasan.
Tapi kadang performanya masih dirasa kurang mumpuni sehingga kita perlu melakukan perubahan pada beberapa bagian mesin. Tenang jangan kuatir, coba kita tanyakan pada ahlinya yang setiap hari bergelut dengan motor yang melibas tanah lumpur baik lumpur jinak atau ganas hehehe.
“Tidak perlu melakukan ubahan yang terlalu besar, karena jika kita terlalu besar dalam melakukan ubahan pada mesin TS malah akan menjadi liar dan tidak nyaman untuk dipakai adventure,”ujar Imam Safi’i komandan Malabar Motor yang biasa menangani motor-motor adventure ataupun grasstrack.
Menurut mekanik kalem ini TS untuk trabasan tidak membutuhkan tenaga yang terlalu besar karena hal tersebut akan membuat motor susah untuk dikendalikan. Cukup merapikan porting dirasa sudah cukup mendongkrak performa mesin yang dipakai untuk trabasan. “Disamping itu memperbesar pembuangan juga bisa dilakukan,”sambung mekanik yang mewanti jangan terlalu besar penambahannya karena jika terlalu besar motor akan menjadi liar.
Korek pembuangan yang diperbolehkan 2 mm kearah atas dan 1 mm kearah samping, dengan pembesaran sebesar itu dirasa sudah cukup mumpuni. Terakhir, dengan ubahan yang telah dilakukan pada porting dan pembuangan spuyer karburator wajib mengikuti. Kenaikannya menyesuaikan dari angka standarnya. “Yang jelas dengan ubahan pada dua bagian tadi harus diikuti dengan menaikkan spuyer karburator yang besarnya naik 10 angka dari standarnya,”tutup mekanik yang hobi olah raga bulu tangkis ini.
Nah ingin motor kamu aman nyaman dalam melibas setiap medan, langsung meluncur ke markas Bengkel Malabar Motor yang berada di wilayah KP.Kalilangse No.15 Rt 2/2 Jl.Malabar Candi baru Kota Semarang HP.08156650047. |Tim