Otospeed.id – Spanyol. Jadwal gelaran Reli Dakar 2021 secara resmi diluncurkan, dengan jadwal stage P dimulai tanggal 2 Januari 2021. Start dan finish di Jeddah dengan jarak 11 km dilanjutkan stage 1 tanggal 3 Januari dari Jeddah finish di Bisha total 622 km.
Seperti yang sudah dirilis oleh ASO Rally Dakar 2021 pada edisi 43 merupakan tantangan besar, yang mana stage 1 ini harus diselesaikan 12 tahapan dengan total 4.800 km waktu khusus, selama dua tahap looping dan tahap marathon merupakan fitur utama yang sudah diumumkan oleh ASO.
Rally Dakar 2021 akan berlangsung di Arab Saudi dan diterbitkan secara digital hari ini, hal ini tidak hanya route yang diselesaikan tetapi juga secara spesifik mengenai setiap tahap. Reli Dakar ke-43 harus diselesaikan dalam waktu 3 minggu di medan untuk mencari route baru dan mendebarkan. Detail trek sudah diinformasikan yang akan membuat pesaing dipaksa untuk mengatasi lebih banyak bukit pasir, trek yang lebih sulit dan lebih banyak navigasi dbandingkan edisi sebelumnya.
“Kami ingin memberikan yang terbaik bagi para pesaing,”ujar David Castera sang Direktur Balap. Tim Monster Energy Honda tentu akan hadir untuk menjadi pemenang. Apalagi dengan pebalapnya Riky Brabec dengan Honda CRF450 Rally akan memberikan hasil porolehan podium juara. Serta Joss Ignacio Cornejo, Kevin Benavides dan Joan Barreda akan membentuk skuad mencari kemenangan berulang seperti di tahun 2020.
“Presentasi bagus serta sangat berbeda dari yang seharusnya, ASO telah melakukan pekerjaan dengan baik dan menjelaskan generalitas dari tahapan yang berbeda. Kami percaya bahwa mereka akan dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Tentunya kita harus melihat strategi ban mana yang harus dipakai, dan secara umum ini adalah Dakar dengan teknis yang lengkap dan mudah – mudahan sangat bagus,”ujar Ruben Faria selaku General Manager.
Berikut Regulasi Baru Rally Dakar 2021 yaitu buku panduan yang diberikan dua puluh menit sebelum dimulainya setiap tahapan, dan ini berbeda dengan edisi tahun lalu dimana roadbook didistribusikan dengan cara hanya pada separuh tahapan. Perubahan penting adalah pembatasan hanya enam ban belakang untuk keseluruhan reli, yang akan memaksa pengendara untuk lebih berhati – hati. Juga aka nada Batasan jumlah penggantian piston, serta larangan melakukan perbaikan mekanis selama pengisian bahan bakar. Terakhir penggunaan jaket dengan airbag akan menjadi hal wajib bagi semua pengendara sepeda motor. |Iswan