Otospeed.id – Surabaya. Bukannya tak mau tampilan yang kinclong dengan pewarnaan cat yang warna warni, tetapi chopper berbasis mesin Honda Tiger ini memang sengaja dibuat dengan tampilan raw material alias tampil dengan warna bahan mentah. Si empunya motor, Sandy Pratama memang ingin menonjolkan craftmanshift tanpa balutan warna.
Bahan asli chasis, sistem dan teknik pengelasan dalam menyambung rangka dan pernak pernik handmade lainnya memang terlihat begitu menonjol pada motor garapan Heri Nur Khamid, punggawa 303 Custom Garage. Meskipun demikian rangka tetap disembur dengan cat vernis untuk membuat efek kinclong dan yang pasti demi menghalau karat.
Tak sepenuhnya digarap oleh builder yang akrab disapa Q-Mix ini juga sih. Oleh pemiliknya, main frame chopper ini sudah beli jadi. Tetapi tentu saja masih harus banyak ubahan karena harus menyesuaikan dengan konsep yang diinginkan oleh Sandy. “Nah, saya kebagian tugas untuk meng-custom ulang rangka dan berikut membangun motor ini”, tutur Q-Mix.
Beberapa yang diubah oleh Q-Mix salah satunya adalah sudut rake yang dibikin lebih centhang untuk mengakomodir sok springer panjang bikinan Q-Mix. Sehingga wheel base jadi lebih melar. Diperhitungkan sedemikian rupa sehingga motor masih tetap stabil saat dikendarai.
Yang lainnya adalah dudukan mesin yang dibuat model lepas pasang. “Dudukan mesin dapat dilepas dan diubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan mesin apa yang akan dipakai, jadi kalau mau gonta ganti mesin pun tak repot bikin dudukan baru”, papar builder yang juga piawai bikin sepeda low rider ini.
Selebihnya, seperti tangki bahan bakar, suspensi depan, back rest dan pernak-pernik lainnya adalah hasil garapan builder yang bermukim di Pati – Jawa Tengah ini.
Hal yang menjadi perhatian selanjutnya adalah soal kenyamanan. Karena mengadopsi konsep rigid dan suspensi springer di sektor depan, Q-Mix mengakalinya dengan memasang jok yang tebal dan empuk bergaya King and Queen. Jadi apabila dipakai riding jalan jauh, bokong masih aman dan nyaman.
Dan karena Sandy gemar riding jauh, mesin juga tak mau neko-neko. Tetap standar saja supaya tak bikin repot. Apalagi kapasitas mesin 200 cc pun sudah dirasa cukup untuk dibejek dan mengusung rangka custom yang ringan ini. Sistem starter juga dibuat mudah dengan mencomot sistem starter mobil. Jadi tak perlu harus repot dan capek-capek ngengkol. |Teks & foto : Captain Black
Data Modifikasi Honda Tiger 2003 :
Ban dpn : Swallow Trail 275 – 21
Ban blk : Swallow Classic 450 – 17
Velg dpn : DID
Velg blk : Rossi
Sok dpn : Springer handmade by 303 Custom
Jok : King & Queen handmade by 303 Custom
Head lamp : Variasi mobil
Tangki : Handmade by 303 Custom
Builder : 303 Custom
Jl. Raya Pati – Tambakromo Rt. 6 Rw. 1 Ds. Karangmulyo Tambakromo – Pati,Jateng