Otospeed.id – Yogyakarta. Speedlovers bagaimana kabarnya hari ini ?, semoga semuanya dalam kondisi sehat wal afiat. Mari kita belajar lagi biar tambah pintar, dalam kesempatan ini Astra Motor Yogyakarta (@hondaistimewaid) mau kasih ilmu seputar piringan cakram.
Cakram pada motor kalau kita amati ada perbedaan yang signifikan lho dari sisi ukuran, bentuk sama profilnya. Ada dua tipe cakram yaitu cakram piringan dan cakram floating.
Pertama kita ulas piringan cakram biasa, untuk cakram tipe ini biasanya diterapkan pada motor yang berkapsitas mesin kecil dan dipakai buat harian. Dari desainnya cakram mini terlihat lebih solid dan hanya terdapat lubang – lubang di bagian motornya.
Kedua piringan cakram floating, cakram ini biasanya dipakai motor yang memiliki performa tinggi. Memiliki sedikit celah atau mengambang antara disc rotor dan carrier. Jadi disc rotor dapat bergerser sedikit Ketika pengereman. Supaya saat mengerem tidak mudah terkunci saar bekerja secara maksimal. |OS