Otospeed.id – Monaco. Di Etape ke-2 Hari Kamis(20/1) Ajang WRC 2022, pereli Toyota Gazoo Racing memulai mencatat waktu tersingkat di SS-1 dan SS-2. Dimana di Etape hari Kamis adalah ajang sprint di malam hari. Pereli Sébastien Ogier mengalahkan musuh bebuyutan Sébastien Loeb di trek malam hari antara La Bollène-Vésubie / Moulinet . Meski hanya selisih 1,3 detik saja, namun dua pereli handal di trek Monte Carlo tersebut benar –benar memberi tontonan spektakuler bagi penonton sekitar Col De Turini dimalam hari.
Sedangkan hasil total SS-1 dan SS-2, pemegang kemenangan delapan kali di Pegunungan Alpen Prancis Seb-Ogier tersebut kini menunjukkan kepiawaian di atas mobil era baru Toyota Yaris GR Hybrid, dengan selisih gap total 6,7 detik, dari sang maestro pemenang tujuh kali Reli Monte Carlo Sébastien Loeb diatas Ford Puma tim M-Sport . Sungguh luar biasa keduanya menaklukkan trek sprint sepanjang 38,45 km diatas gunung yang berkelok – kelok.
“Saya merasakannya Etape awal ini tidak begitu bagus, aspal terlihat lembab dan embun yang beku beberapa tempat, saya mencoba beberapa hal kecil di dalam mobil dalam handling mobil yang sesekali melintir , roda spin karena sangat licin, dan kecepatan tidak bisa maksimal ,” jelas Ogier, dilansir WRC.
Begitu pula di kubu Sébastien Loeb, ia juga baru kali ini dengan menggunakan Ford Puma Hybrid. Namun sudah sangat cepat hingga masuk di lima besar, bahkan bersama – sama pereli se tim lainnya di M-Sport.
Penampilan yang impresif tersebut, mengingatkan Loeb kala memenangi reli Monte Carlo terakhir di tahun 2013 lalu. “Awal yang sangat baik dengan Puma etape pertama, tetapi juga didera licin karena butiran Es, dan hadling saya terkesan sangat hati – hati karena kesalahan. Problem hanya pada ban yang sangat keras. Namun saya jaga agar Mobil posisi selalu tepat hingga Finis,” kata Loeb.
Sementara Elfyn Evans, runner-up kejuaraan WRC pada tahun 2021 lalu, dipaksa puas diuratan ke-3 dibelakang Loeb. Evans Juga kesulitan di mobil Yaris Hybrid barunya, sama mengeluhkan mobil spin hingga selisih 11,2 detik dari Ogier.
Aksi balap tim M-Sport diatas Ford Puma sangat impresif diatas mobil Hybridnya. Adrien Fourmaux dan Gus Greensmith berada di urutan keempat dan kelima. Keduanya hanya selisih 4,0 detik saja, kemajuan pesat tim M-Sport sangat terlihat, karena di lima besar hanya ditempati tim Toyota dan Ford.
Dan diluar lima besar, pereli Thierry Neuville memimpin tim Hyundai Motosport, dengan Hyundai i20 Hybridnya pereli Belgia tersebut berjuang keras dengan selisih waktu 6,6 detik dari lima besar, dengan masalah karet ban dan rem yang terlalu panas membara. Ott Tänak pereli unggulan Hyundai merasa sangat sial, karena didera masalah Mesin Hybrid dan Hidrolik di Hyundai i20 nya.