Otospeed.id – Kudus. Bicara soal jok mobil, bukan hanya bicara soal kenyamanan tetapi juga keamanan dan fungsi serta kegunaannya. Apalagi kalau sudah bicara soal jok racing untuk balap. Dilihat dari bentuknya ada dua model jok racing yaitu full bucket dan semi bucket.
Nah Speedlovers, kali ini kita bahas dulu soal jok racing full bucket. Next artikel gantian kita bahas jok racing model semi bucket yak…
Model full bucket ini lazim dijumpai di mobil balap kompetisi mulai dari drag race, rally, speed offroad, dll. Bentuk jok ini terlihat body fit dan seolah memeluk tubuh penggunanya secara utuh mulai dari kepala, badan, sampai ke bagian paha.
Berbahan fiber glass atau serat karbon, jok ini punya bobot yang lebih enteng (4-8 kg) dan rigid (tak bisa digeser atau ditekuk). Bentuk yang kaku ini karena dirancang agar badan terkunci tak bergerak. Meskipun demikian tangan pembalap masih bisa bebas mengatur kendali mobil.
“Jok model ini memang didesain untuk memberikan proteksi yang menyeluruh bagi pembalap pada balap kompetisi yang tentunya memiliki resiko tinggi,” tutur Dian Kurniawan, punggawa BSR Fabrication Kudus, produsen part racing mobil offroad.
Itu sebabnya dalam balap, pembalap harus memilih ukuran jok yang fit dengan ukuran badan model yang sesuai dengan penggunaannya. Pemasangannya pun dibuat menyesuaikan dengan postur pembalap. Ini karena jok full bucket yang rigid tak punya setelan maju mundur apalagi reclining seat alias setelah sandaran untuk tegak atau rebah. Dengan ukuran yang sesuai, pembalap akan melekat lebih aman di jok. | BL@CK