Otospeed.id – Jerez,Spanyol. Speed Lovers MotoGP, usai balapan hari Minggu kemarin, semua tim balap baik pabrikan maupun tim satelit, melakukan tes resmi MotoGP menjelang putaran selanjutnya Sirkuit Le Mans, Prancis (12 – 14 Mei).
Tim Ducati sebagai motor tercepat saat ini, melibatkan tim Mooney VR46, Gresini, Ducati Lenovo & Prima Pramac. Ducati tak banyak melakukan perubahan, hanya kembali menyeimbangkan antara motor dan pebalap yang mengemudikan. Dalam tes yang dilakukan beberapa kali hingga petang hari (Senin,1/5).
Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati) tercepat dalam catatan waktu di sirkuit de Jerez Angel Nieto, disusul rekan se-timnya Luca Marini yang hanya selisih sepersepuluh detik dari ke dua pebalap asal Itali tersebut.
Padahal kecepatan yang Luca Marini melebihi kecepatan maksimal Marco Bezzecchi di 284,2 km/jam. Ducati sedikit perubahan terutama pada tim Prima Pramac Racing, dimana motor Johann Zarco memakai Faring baru pada perut motor dengan ventilasi yang berbeda. Inikah yang juga diterapkan pada rival dekatnya tim KTM juga.
Honda Pakai Rangka/Chasis Kalex
Kubu Repsol Honda dan Honda LCR Honda Castrol dijalani Stefan Bradl sebagai pebalap penguji tim HRC. RC213V Stefan menguji pada rangka /Chasis Kalex. D beberapa uji coba, Stefan sempat terjatuh menjelang sore hari tepat di tikungan ke-5 Jerez.
Pebalap asal Bavaria,Jerman tersebut mencatat waktu tersingkatnya 1:37,782 detik di urutan ke-19 catatan waktu Jerez. Begitu pula Alex Rins (LCR Honda) mencoba Fairing depan serat karbon terbaru, ujicobanya tak berapa lama dari Bradl dan hanya berada di urutan 17.
Setelah Stefan Bradl usai tes, lantas Joan Mir mencoba dan menguji langsung motornya dengan Chasis Kalex untuk Honda RC213V untuk pertama kalinya. Faktanya, kerangka aluminium produk Bobingen, Jerman ini telah diuji pembalap HRC Stefan Bradl semenjak jam 10 pagi waktu setempat.
Memang tim Repsol Honda sementara mendapat chasis tersebut terlebih dahulu ketimbang tim privatter LCR Honda Idemitsu dan Castrol yang konsen di Faring dan winglet. “Memang untuk balapan di Prancis besok(13-14/5), kami belum memakai chasis ini, karena tes pengujian masih kurang cukup, karena dalam beberapa lap kami terganggu dengan sistim kelistrikan motor yang ngadat, karakter motor jelas berbeda dengan chasis lama,” kata Joan Mir wawancara Simon Crafar dan Jack Gorst MotoGP.
Energi Monster Yamaha
Di Monster Energy Yamaha MotoGP, ada dua sasis berbeda untuk Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Quartararo juga mengendarai motornya dengan Swing Arm yang lebih baru – dan mengujinya pada kedua mesin – setelah sebelumnya kembali ke versi sebelumnya.
Beberapa winglet baru muncul pada motor Morbidelli, dan sidepod-nya lebih besar. Sementara itu, Quartararo menguji knalpot baru di sore hari, menobanya ditrek dalam beberapa putaran. Dalam tes Fabio Quartararo puas di posisi ketiga dengan catatan 1:36,725 detik, hanya 0,104 detik selisih dari Marco Bezzecchi, sedangkan Morbidelli malah turun posisi di urutan 16.
Red Bull KTM & GASGAS Tech3
Terlihat beberapa aerodinamik baru pada motor Dani Pedrosa (Red Bull KTM Factory Racing), Brad Binder dan Jack Miller, dan sidepod yang lebih merupakan panel vertikal tambahan ke bagian bawah fairing. Hasil tes pengujian, Binder berada di urutan kedelapan, Miller di P14 dan Pedrosa puas di urutan terbelakang.
Augusto Fernandez dari GASGAS Factory Racing Tech3 mengambil kesempatan untuk menyelesaikan 69 lap saat dia terus beradaptasi dengan MotoGP, dan dia memiliki aero baru, tanpa tambahan samping (Side skirt). Rekan setim sementaranya yakni test rider Jonas Folger melakukan pengujian 63 lap sekaligus.
Aprilia & CryptoData RNF
Di Aprilia Racing, sepertinya fokusnya lebih pada menyempurnakan apa yang mereka miliki dan bekerja dengan pengaturan. Maverick Viñales dan rekan setimnya Aleix Espargaro melakukan beberapa hal setelah tertnggal di Tikungan 1 empat kali berturut-turut akhir pekan ini.
Viñales di urutan kelima, dan Espargaro ketujuh. Sedangkan tim satelit CryptoData RNF, pebalap penguji Lorenzo Savadori menggantikan Miguel Oliveira sementara dalam pemulihan cederanya. Raul Fernandez, mencoba pengujian motornya lebih dari 70 lap, dan mengakhiri hari itu di P11. |Me,Nos,Speedweek,MotoGP