Otospeed.id – Semarang. Workshop special Hari Pers Nasional dengan thematic “Intip Fitur Unggulan Honda EM1 e:” dan “Keselamatan Berkendara naik Honda EM1 e:” yang dibawakan langsung oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng Oke Desiyanto. Acara tersebut diadakan di kantor Main Dealer dengan menyediakan juga area riding test untuk Honda EM1 e: beberapa waktu lalu.
Workshop Intip Fitur Unggulan Honda EM1 e:
Mengulas secara lengkap Honda EM1 e:, Oke Desiyanto menjelaskan beberapa hal yang perlu diketahui dari motor Listrik pertama Honda ini seperti :
• Ergonomi Honda EM1 e:
1. Memiliki Seat high sama dengan BeAT : 740 mm
2. Memiliki Lebar setara Scoopy: (EM1 e: 680 mm | Scoopy 683 mm)
3. Paling Pendek jika tanpa Bracket, jika menggunakan Bracket maka EM1 e: setara dengan Genio (EM1 e: plus 1860 mm | Genio 1862 mm)
4. Dengan data diatas, konsumen bisa menyesuaikan posisi kaki tangan dan duduk di EM1 e:
• Pengereman Honda EM1 e:
EM1 e: memiliki bobot lebih berat dari BeAT (EM1 e: 94 Kg | BeAT 89 Kg). Konsumen bisa mencoba kemampuan rem terlebih dahulu agar mengetahui seberapa kekuatan dan kenyamanan rem dalam memberikan feedback ke pengendara. Disarankan mengetahui kemampuan rem sebelum melakukan akselerasi.
• Akselerasi Honda EM1 e:
EM1 e: memiliki torsi 90 NM/25 RPM, Mesin BeAT 9,3 NM/5.500 RPM dan Forza 24 NM/6.250 RPM, torsi yang besar namun keluaran tenaga diatur oleh Power Control Unit agar memiliki kurva liner (merata) tapi tetap bertenaga dan kecepatan motor dilimitasi 48 Km/Jam on Panel Meter.
• Suspensi Honda EM1 e:
Dilengkapi rangka Underbone (Khusus EV), suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang Ganda. Pengendara bisa menikmati peredaman dari permukaan jalan tidak rata, kemampuan suspensi menjaga agar kendaraan tidak mengayun tapi tetap nyaman, kemampuan suspensi depan tidak menukik ketika pengereman sehingga menambah rasa aman dan kemampuan suspensi memberikan rasa stabil dan feedback dari ban dari permukaan jalan
• Manuver EM1 e:
EM1 e: memiliki jarak sumbu roda 1300 mm. Ukuran Ban Depan EM1 e: 90/90 – 12 44J, lebar telapak ban 90 mm, ring 12 inchi, beban max yang mampu diterima 160 kg, kecepatan maksimum 100km/jam. Dan komponen terberat dari EM1 e: adalah Battery Power unit berada ditengah dan penyaluran tenaga yang lembut sehingga motor ini mudah dikendalikan dan lincah. Ban Belakang EM1 e: 100/90 – 10 56J -> maks beban 224 Kg.
Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan sebelum berkendara menggunakan Honda EM1 e:
• Perlunya memahami fitur tambahan yang berbeda dengan mempelajari buku pedoman pemilik kendaraan
• Sesuaikan ketersediaan battery dengan jarak yang akan ditempuh
• Motor listrik dalam posisi menyala tidak ada suara atau getaran
• Karakter Daya dan Tenaga yang dihasilkan berbeda
Pastikan ruang yang tersedia dan kecepatan yang cukup untuk mendahului. Akselerasi kecepatan EV lebih lambat bila dibanding motor bakar sehingga membutuhkan waktu untuk menambah kecepatan. Saat akan melewati jalan tanjakan diperlukan momentum yang cukup. Momentum yang cukup dapat dilakukan dengan cara menambah kecepatan sebelum masuk jalan tanjakan.
Sebagai bentuk layanan aftersales dari konsumen pengguna Honda EM1 e: ini, bila ada kendala saat sedang diperjalanan, maka konsumen dapat langsung menghubungi call center Honda Care di 1-500-989 atau Hotline 081575988889 atau bisa juga melalui aplikasi motorku X dimana konsumen bisa menekan bagian menu lainnya kemudian tekan Panggilan Darurat, maka Honda Care akan datang ke lokasi konsumen dan dibantu bawa ke AHASS terdekat untuk di cek lebih lanjut. |And