Otospeed.id – Austin, America. Speed lovers MotoGP, putaran ke – 3 ajang balap motor primer MotoGP telah dimulai kegiatannya (12-14/4) di Circuit Of Americas (COTA. ) Diawali hari pertama (Jumat,12/4) waktu setempat dengan Konferensi Pers dan dilanjutkan sesi latihan bebas pertama (Free Practice-1), yang sementara Maverick Vinales (Aprilia Racing) menjadi tercepat dengan catatan 2:03,294 detik.
Namun sekitar 3 jam kemudian usai Free Practice Moto3 dan Moto2, berbalik Jorge Martin (Prima Pramac Racing) mengambil alih posisi tercepat dengan catatan jauh lebih singkat yakni 2: 01,397 detik, bahkan Martin memecahkan catatan waktu tercepat ditempat yang sama dari Pecco Bagnaia di 2:01,892 detik di tahun 2023 lalu.
Baca Juga : Maverick Vinales Jago Baru Sprint Race, Berikut Starting Grid di Cota
Dari catatan diatas, bukan berarti top speed motor pebalap terkencang menjadikan patokan akan mencatat tercepat. Karena top speed Maverick Vinales di 345km/jam hanya berada di posisi kedua, sedangkan Jorge Martin tercepat dengan top speed motor hanya 343,9 km/jam.
Hari pertama (Jumat12/4) Grand Prix di COTA Amerika diakhiri dengan latihan (Practice) MotoGP. Jorge Martin memang sedang menggebu untuk melewati catatan tercepat yang diraih Pecco Bagnaia.
Namun Maverick juga tak tinggal diam, meski berada di posisi ke -2, namun kedua pebalap tersebut lolos ke sesi kualifiaksi ke-2 (Q2). Namun masih harus melewati di latihan bebas kembali ke-2.
“Mencatat tercepat disini memang bukan jaminan podium, tetapi saya heran kenapa yang dilihat hanya pebalap lain dan bukan saya saat ini “ kata Jorge Martin dengan kesal.
Sementara itu dalam hal kecepatan tertinggi, tim KTM berada pada posisi ideal dan tercepat. Dalam catatan tiap sirkuit berbeda, namun tiga tempat pertama dari Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dengan catatan memukau di 350,6 km/jam. Dan angka tersebut diraih Austria pada hari pertama. Namun benar dugaan, bahwa top speed bukan jaminan untuk terdepan di COTA, terbukti Jack Miller dan Brad Binder hanya berada di posisi ke-14 dan ke-18 sebelum masuk pit paddock.
Kondisi tersebut adalah pekerjaan mekanik KTM, ada apa dengan hal itu. Tim Red Bull KTM dan Gas-gas megandalkan RC16 gagal berkembang, tempat 14, 15 dan 16 masing masing ditempati Brad Binder, Augusto Fernandez dan Jack Miller. Hal ini sama dengan hasil tim Repsol Honda bahkan lebih kurang bagus lagi.
Empat tempat terakhir diduduki para pebalap Honda dengan RC213V. Dalam catatan bahwa motor Honda ini paling sukses di COTA (Circuit of The Americas) namun ditangan Marc Marquez dan Alex Rins, dan Taka Nakagami (LCR Honda Idemitsu) berada di posisi ke-22, tertinggal 2,5 detik dari Jorge Martin. |Me,Nov, MotoGP