WSBK 2024 Magny-Cours, Prancis : Nicolo Bulega Berjaya Race-2, Alvaro Bautista Jatuh Di Superpole, Garret Gerloff Podium Pertama Kali Di BMW

Podium Race-2 ,Magny-Cours - Prancis

          Otospeed.id – Magny-Cours, Prancis. Speed Lovers World Superbike, Putaran ke-8 ajang balap motor besar (WSBK) berada di sirkuit  Sirkuit de Nevers Magny-Cours Prancis (6-8/9).

Pebalap Rookie World Super Bike Nicolo Bulega meraih kemenangan di Race kedua (Minggu,8/9). Meski harus terjatuh di Race pertama (Sabtu,7/9), namun pebalap andalan satu – satunya tim Aruba.it – Ducati tersebut meraih sukses dua balapan sekaligus di Sirkuit de Nevers Magny-Cours. Disamping dia berada di runner up juara WSBK sementara ini, juga mendapat keberuntungan karena lawan handal Toprak Razgatlioglu (ROKiT BMW Motorrad )  jatuh d FP2 dan rekan se timnya Alvaro Bautista mengalami kecelakaan fatal di Superpole hingga patah tulang Iga.

Alvaro Bautista crash di superpole

Absen nya dua kandidat Juara dunia WSBK tersebut, menjadi angin segar bagi Nicolo Bulega dan Danilo Petrucci ( Barni Spark Racing ), begitu pula Garret Gerloff (A Bonovo Action BMW) yang juga berbagi podium di Race kedua. Kemenangan Bulega memang tak menyapu bersih balapan di Prancis, namun setelah jatuh di Race pertama, lantas hari minggu ia memenangi dua balapan sekaligus, yakni Superpole Race dan Race kedua. Performa terbaiknya saat kemenangan dalam sprint race, meski hanya unggul 0,1 detik dari Alex Lowes (Kawasaki), bahkan pebalap berusia 24 tahun itu unggul 3 detik hanya dalam enam lap hingga garis finis.

“Saya berterima kasih kepada para dokter di pusat medis karena mereka sangat membantu saya setelah terjatuh di hari sabtu,  saya merasakan sakit di leher dan bahu saya. Saya akan menjalani tes lebih lanjut di rumah pada hari Senin, sementara ini prioritas utama saya adalah bisa balapan sampai finis dahulu “ ucap Nicolo Bulega

Podium selanjutnya adalah Garrett Gerloff (Bonovo Action BMW).  Pembalap asal Amerika ini mengungkapkan rasa lega, dengan memenangi balapan diposisi ke-3 dibelakang Danilo. Gerloff bercerita kala emosinya memuncak setelah mampu berada di barisan depan di race ke-2 bersama  motor BMW M 1000 RR di Magny-Cours, dan dengan podium ini Gerloff mempersembahkan podium pertama kalinya untuk tim Bonovo Action BMW.

Garret Gerloff Bonovo Action BMW

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan semoga Toprak (Razgatlioglu) cepat pulih. Sayang sekali dia tidak bisa tampil karena usai crash tersebut. Soal motor, saya pikir hal terpenting adalah menemukan set-up yang terasa unggul, performa mesin memang tak sempurna, namun kami terus melaju, beberapa lap terakhir motor terasa sangat impresif. Dan itu sangat membantu saya menjadi lebih konsisten. Kami telah menemukan sesuatu langkah yang lebih bagus “ terang Gerret Gerloff dilansir SBK.

Manajer tim Bonovo Action BMW Michael Galinski mengatakan tentang hasil podium pertama tim di WorldSBK, “Kami sangat bangga sekarang, seolah tidak bisa dipercaya, tim bekerja yang sangat bagus, jadi saya ingin berterima kasih kepada semua orang. Merupakan hal yang baik bahwa kami kembali dengan posisi keempat di balapan pertama bersama Scott Redding, dan sekarang podium pertama bagi tim kami benar-benar luar biasa. Garret tidak selalu menjadi starter yang cepat, tetapi datang dari tengah balapan ia menjadi semakin cepat. Ia mengelola ban dengan sangat baik pada akhirnya dan jika ia dapat melaju sedikit lebih cepat di tiga atau empat putaran pertama, ia juga dapat memenangkan balapan.”

Dengan kemenangan dari beberapa pebalap BMW akhir-akhir ini, menunjukkan bahwa BMW mampu dan membuat notice dan ancaman bagi merk pabrikan lain untuk waspada.  |Nov, WSBK