MotoGP 2024 Misano : Pecco Bagnaia Perbaiki Waktu Tersingkat Di Practice, Fabio Quartararo Lolos Ke Q2

Hasil Practice , Misano- Itali

              Otospeed.id – Misano, Itali . Speed Lovers MotoGP, Putaran ke-14 ajang balap MotoGP, di sirkuit Misano –  Marco Simoncelli, Itali telah dilakukan hingga sesi Latihan resmi. Jika di FP1 (Latihan bebas) selama 45 menit,  Marc Marquez (Gresini Racing) dengan catatan  1:32.082 detik, telah mengungguli Juara bertahan Francesco Bagnaia (Lenovo Ducati)  urutan ke-4, dan pemimpin klasemen sementara Jorge Martin (Prima Pramac Racing), juga Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) berada di urutan ke-3 di 1:32.268 detik.

Dilanjutkan sesi Latihan resmi (Practice) dimana Pecco Bagnaia (Lenovo Ducati), memecahkan  rekor perlap 1:30,286  detik saat kualifikasi, disusul Jorge Martin di posisi kedua, Marc Marquez di posisi ketiga. Dan mencengangkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) menempati posisi ke-5, yang berarti bakal lolos langsung ke sesi kualifikasi ke-2 (Q2).

             Fabio Quartararo sangat mengejutkan dengan catatan 1:30 detik an

Keunggulan Pecco dengan catatan 1:30,286 detik tersebut,  memperbaiki catatan waktu yang dibuatnya dua pekan lalu ditempat yang sama di 0,018 detik lebih cepat.

“Saya bisa fokus dengan sangat baik, ini membantu saya untuk memperbaiki waktu sebelumnya ditempat ini juga. Padahal saya punya masalah pada Grip ban yang tidak bagus, namun saya masih mampu mengatur fase waktu tempuh agar lebih baik. Banyak hal akan bergantung pada suhu dan juga pada kompon ban yang dapat kami gunakan. Namun berdasarkan pengalaman hari ini, saya pikir saya mampu peroleh waktu 1:29 detik dan mungkin itu bakal terjadi.” Jawab Pecco Bagnaia optimis saat wawancara.

Pada sesi Latihan resmi (Practice)  yang berlangsung selama satu jam sore hari, para pebalap diuntungkan aspal kering dari semula usai diguyur hujan disesi latihan bebas sebelumnya. Kondisi ini sangat cocok bagi semua pebalap termasuk squad Yamaha, Fabio Quartararo secara mengejutkan mampu mencatat per Lap di Misano di 1: 30,886 detik, namun saying rekan se timnya Alex Rins batal mengikuti sesi latihan resmi dikarenakan badannya demam tinggi.

Jalannya ses latihan memang tak semulus yang diharapkan, karena baru beberapa menit latihan dimulai, Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) terjungkal bersama  KTM RC16-nya tepat di tikungan ke-6 Misano. Begitu pula Pedro Acosta (Red Bull GasGas Tech3), yang motornya dengan pola Fairing baru mencatat waktu 1:32,007 detik

Hasil Lengkap Latihan Resmi (Practice)

Baru pada menit keempat, pebalap KTM Jack Miller memasukkan RC16 miliknya ke dalam kerikil di tikungan 6. Catatan waktu penting pertama dicatatkan oleh Pedro Acosta dengan menit 1:32.007, yang mengenakan fairing depan baru. Namun tak berapa lama Pedro Acosta terjatuh karena roda belakangnya tergelincir di tikungan 14 Misano. Kondisi jatuh Pedro tak separah, dan mampu melanjutkan latihan kembali. Sulitnya kondisi trek di Misano dengan kecepatan tinggi, demi meraih waktu tersingkat juga dialami Miguel Oliveira (Track House Racing). Pebalap asal Portugal tersebut sebenarnya mencatat waktu sangat bagus di 1: 31,668 detik di lap ke-5 yang dilakoni sebanyak 17 lap. Namun juga terjatuh telak, namun pebalap baik-baik saja dan mendorong Motor Aprilia RS-GP-nya masuk paddock. |Me,MotoGP