FIM MiniGP Indonesia Series Gandeng Siswa SMK Sebagai Sarana Pelatihan Kerja Lapangan

Otospeed.id – Boyolali. Ada yang menarik pada pelaksanaan gelaran FIM MiniGP Indonesia Series. Yaitu keterlibatan anak-anak muda usia pelajar yang bertugas sebagai tim mekanik menangani motor-motor Ohvale yang dipakai untuk balap.

Yup, ternyata mereka adalah anak- anak SMK dari berbagai sekolah. Dan kehadiran mereka bukan tanpa sebab. Mereka yang bergabung dari SMK Jurusan Otomotif untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

“Bergabungnya para siswa SMK ini sejatinya sudah dimulai sejak tiga tahun lalu. ” Kami menggandeng beberapa SMK yang siswanya ingin melakukan PKL dan memberikan mereka pelatihan”, terang Harlan Fadillah selaku Managing Director Lightning Production, promotor  penyelenggara FIM MiniGP Indonesia Series Road To MotoGP 2024.

Lebih lanjut Harlan menerangkan bahwa mereka (para siswa SMK) diberikan pelatihan sebagai mekanik balap. Materi yang diberikan sebenarnya hampir sama dengan mekanik kebanyakan. Hanya saja yang berbeda, di dunia balap semua harus cepat.

Mereka diajari untuk bagaimana harus meng-handle motor balap dalam sebuah kompetisi balap. Mereka dilatih untuk berpikir dan bekerja dengan cepat untuk menyelesaikan ketika motor balap mengalami trouble, dll.

Untuk saat ini jumlah peserta yang ikut setiap tahunnya masih dibatasi hanya untuk 15 siswa saja. Nantinya, para siswa ini juga akan diberikan sertifikat sebagai bukti telah lulus Praktek Kerja Lapangan (PkL). | BL@CK_DJ