Uji Pembuktian Kehandalan Performa Gear Ratio Matic TRAstar di Pentas Balap Nasional

Otospeed.id – Wonogiri. Bicara tentang part racing handal tentu bukan hanya tentang katanya atau kabarnya saja. Pastinya pembuktian tentang bagaimana kualitas dan kehandalan sebuah part racing adalah ter-uji langsung di kancah pentas balap.

Nah.. kali ini kita bicara tentang performa gear ratio matic keluaran TRAstar, pabrikan part racing asli karya anak bangsa yang belakangan bikin geger dunia perbalap motoran tanah air karena menghadirkan part-part racing terbaik yang diadopsi oleh tuner-tuner terbaik tanah air, dan hasilnya juga mampu menghantarkan para pebalapnya mendominasi balap nasional.

Gear ratio matic TRAstar

Ini juga dirasakan oleh Supri Callysta, punggawa Callysta Jaya Racing. Tuner yang spesialis bermain di balap motor matic ini adalah satu dari beberapa tuner matic tanah air yang menguji dan membuktikan langsung performa gear ratio matic TRAstar di motor matic balap garapannya.

Dan hasilnya, “Pertama kali dipakai dan langsung diturunkan untuk balap di Final Kejurprov Jateng Casytha Manahadap Road Race Championship Januari lalu langsung menyabet juara pertama untuk Kelas Matic 130ccPemula Khusus Wanita (Suci Muliyani) dan Juara ketiga Kelas Matic 130cc Pemula (Irfan Akbar)”, tutur Supri.

Suci Muliyani, sabet podium 1 Kelas Matic 130 Khusus Wanita

Menurut Supri, ada kelebihan dan keuntungan yang sangat significant setelah mengadopsi gear ratio matic TRAstar. “Sebelumnya saya harus meng-custom sendiri gigi sekundernya untuk mendapatkan gear ratio yang sesuai dengan setingan yang saya mau, tetapi kendala yang muncul, suara gearbox jadi kasar”, keluh tuner asli Wonogiri ini.

Nah.. beda cerita ketika Supri mengaplikasikan gear ratio matic TRAstar pada Honda Beat garapannya. “Hanya tinggal plug and play (PNP), pasang, langsung hajar buat balap dan tidak ada kendala sama sekali dan yang jelas, suara gearbox juga halus”, ujar tuner asli Wonogiri ini.

Supri Callysta aplikasikan gear ratio matic TRAstar di Beat garapannya

O ya, untuk angka perhitungan gear ratio matic TRAstar yang dipakai Supri pada Honda Beat yang ditunggangi oleh Suci Muliyani dan Irfan Akbar adalah 12-46 (standar Honda Beat 12-45). Angka perhitungan ini menurut Supri mampu mendongkrak performa motor lebih responsive. Dari RPM bawah sampai RPM atas naiknya juga lebih cepat.

Menurut Teguh Rahardjo, sang punggawa TRAstar – Koizumi, “Gear ratio matic TRAstar dibuat dengan proses machining yang sangat presisi di setiap sudut geriginya, sehingga mampu menghasilkan power maksimal dan suara yang halus”.

Selain itu, gear ratio matic TRAstar lahir dari proses panjang sebuah riset dan proses produksi yang presisi, kemudian pemilihan material yang berkualitas tinggi, lalu setelah itu melalui proses pengujian yang sangat ketat. Sehingga hasil akhirnya didapatkanlah sebuah produk racing part yang mumpuni. | BL@CK_DJ