Corong Peredam Panas Kaliper  

                  Otospeed.id – Blora. Saat di gelaran Kejurprov Jateng Casytha Manahadap Road Race Seri 3 Blora, Sabtu – Minggu (15-16/7) lalu, OS tertarik pada sebuah benda aneh yang sekilas berbentuk mirip corong yang menempel pada sok kanan depan motor tunggangan Sakti Andre, Garmos Racing Team.

Usut punya usut, benda tersebut adalah corong peredam panas kaliper rem cakram depan. “Fungsinya ya untuk menangkap angin dan menyalurkannya ke caliper sehingga dapat mendinginkan panas pada caliper dengan lebih maksimal”, ungkap Eko Garmos, tuner Garmos Racing Team Purworejo.

Alirkan angin menuju kaliper dengan maksimal

Yup, menurut tuner yang bergelar Bapak 2Tak Indonesia ini, pada pemakaian balap yang kerap menggunakan teknik pengereman late braking atau hard braking, otomatis caliper cenderung cepat panas.

Nah.. Dampaknya setelah kaliper jadi panas, maka otomatis pengereman akan menjadi kurang maksimal. Hal ini bisa karena kapas yang menjadi licin karena panas yang berlebih. Atau bisa juga karena panas yang tinggi menyebabkan oli rem panas.

Teknologi ini sebenarnya sudah beberapa waktu belakangan digunakan di motor balap. Model dan bentuknya pun bermacam-macam, namun pada prinsipnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mendinginkan kaliper rem.  | BL@CK_DJ