Otospeed.id – Yogyakarta. Siapa sangka dibalik garangnya performa Farrel Putra Zaidane, ternyata ada tersemat gear rasio MX King TRAstar di dalam kuda besi pacunya. Yang menarik, ternyata ia mengandalkan rasio TRAstar pada rasio ke-2. Belum gear rasio MX King TRAstar full set, namun Farrel sudah mampu merajalela membuat kuwalahan rival-rivalnya.
Bermain di Kelas Bebek 4 Tak 150cc Under 12 Tahun 150 dalam setiap gelaran event, Farrel dapat dipastikan selalu naik podium terbaik, karena selalu leading jauh di depan meninggalkan rival-rivalnya. Nyaris susah dikejar.
Lalu impresi apa yang dirasakan oleh Farrel setelah menggunakan gear rasio MX King TRAstar? Dan mengapa hanya menggunakan gear rasio ke-2 TRAstar saja? Kenapa tak pakai full set milik TRAstar?

“Kebetulan kami baru mendapatkan gear rasio MX King TRAstar yang rasio 2, belum pakai full set gear rasio TRAstar, Insya Allah 2025 ini kami pakai full set, karena kami sudah diskusi dengan pabrikan TRAstar tentang kebutuhan gear rasio yang sesuai dengan settingan mesin kami”, papar Taufik TMS Mandiri Yogyakarta, ayahanda Farrel yang juga seorang mekanik balap.
Nah soal impresi, Taufik juga menuturkan bahwa gear rasio TRAstar memiliki kualitas bahan yang bagus dan presisi. Ini terlihat dan terasa saat Farrel melakukan late hard breaking. Untuk mengambil tikungan dengan cepat, Farrel punya kebiasaan melakukan brake dari persneling di posisi gigi tinggi langsung di break turun ke persneling 2.

Dengan cara seperti itu praktis gear rasio ke-2 wajib kuat hukumnya. Dan gear rasio TRAstar terbukti ampuh. “Digunakan selama satu tahun balap di 2024 kemarin dengan gaya balap Farrel yang seperti itu, gear ratio TRAstar masih tetap handal performanya, tak ada perubahan fisik yang signifikan”, ungkap Taufik.
Dengan menggunakan rasio TRAstar dengan ukuran 16/29 pada rasio ke-2 yang dipakai di motor Farrel, perpindahan gigi juga terasa halus. Suara mesin juga halus karena sudut-sudut gerigi rasio TRAstar terlihat sangat presisi. Ini juga yang membuat akselerasi dan performa mesin motor tetap stabil.
Amunisi racing part yang terpasang di motor Farrel tak hanya itu saja. “Untuk per klep, saya pakai per klep MX King Koizumi Tipe Kompetisi, dan per koplingnya juga pakai Koizumi untuk MX King Kompetisi”, imbuh Taufik. Ini juga salah satu jawaban mengapa Farrel begitu cepat saat melibas tikungan.
Nah.. kita tunggu nih bagaimana performa Farrel di musim balap 2025 ini setelah menggunakan gear ratio MX King TRAstar 6 Speed full set ya speedlovers. | BL@CK_DJ