Customized Bobber Style Suzuki GSX Katana

           Otospeed.id Dunia motor custom memang tidak pernah ada habisnya, mulai dari yang simpel hingga totalitas tanpa batas sesuai aliran modifikasi yang bisa menjadi karakter pemilik sebuah motor. Seperti yang dilakukan builder asal Semarang ketika mendapat kiriman mesin Suzuki GSX Katana Series di workshopnya, dari pelanggan yang keracunan virus custom motor temannya di Kupang.

Customized Bobber Style Suzuki GSX Katana
Tampak Depan Customized Bobber Style Suzuki GSX Katana

“Kirim langsung dari seberang hanya mesin saja, saya dipercaya penuh untuk dibangun jadi sebuah tunggangan yang seram” ujar Andi sang builder. Setelah melalui proses obrolan panjang dan mengumpulkan materi yang pas untuk membuat motor sesuai si pemilik, disepakati aliran bobber style untuk sebuah mesin berkapasitas 400cc ini. Meski sejatinya merupakan mesin motor sport yang kental dengan aroma serba kecepatan, oleh empunya yang akrab disapa Jimmy ingin dibuat melenceng dari pakem.

ciri khas bobber style
Ciri khas bobber style

Bobber Style sendiri merupakan aliran motor custom yang kental dengan serba handmade dengan pengerjaan yang tidak terlalu radikal dibanding Chopper. “ciri khas aliran ini dilihat dari bagian depan tanpa spakbor dan belakang dengan spakbor bobbed (kecil minimalis)”, ungkap builder.

arm rigid sesuai tema
Arm rigid sesuai tema

Dengan perhitungan matang dari sketch gambar menghasilkan frame yang pas dengan mesin sport, dipilih pipa bulat berdiameter 27mm kuat menyangga beban mesin beserta pirantinya. Sektor belakang dibuat full rigid dipadu fork depan hasil custom dengan dua buah peredam getaran menyatu bersama lempengan besi ketebalan 10mm. Sebagai tempat untuk bahan bakar dibuatlah tangki custom dengan bentuk oval dari plat 2mm Semua pembuatan hasil kreasi rumah industri yang langsung ditangani builder berambut gondrong ini.

Suspensi hasil kreasi sendiri
Suspensi hasil kreasi sendiri

Tidak hanya sampai disitu saja, untuk pelepas gas buang dibuatkan knalpot dari pipa steam diameter 43mm. Beralih ke bagian kemudi bisa dilihat seperti setang seher, tangki, piston menempel di kepala, hasil cangkok dan pemasangan disesuaikan bentuk motor diserasikan.

Dijejali mesin katana dengan knalpot dobel berjejer
Dijejali mesin katana dengan knalpot dobel berjejer

“Yang bisa dibikin sendiri ya langsung buat, paling mesin saja yang asli dari pabrik. Performa mesin juga maksimal berkat hasil kompilasi dua mesin, karena mesin sebelumnya ada trobel”, ujarnya. Proses pembuatan motor ini memakan waktu selama 4 bulan, dengan finishing pada kelir cat hijau berglitter memberi aura gahar motor Bobber ini. And

Customized Bobber Style Suzuki GSX Katana
Tampak Belakang Customized Bobber Style Suzuki GSX Katana

Data modifikasi: Ban Avon 5.00 – 16, Velg HD Softail, Kaliper depan Nissin, Kaliper belakang Brembo, Headlamp Truk Hino, Karbu Keihin PE 28mm, Koil KTC.