FIA – Cross Country Rally 2021 : Yazeed Al Rajhi dan Sam Smith Jawara Seri 2 Di Dubai, UEA

0
Yazeed Al-Rajhi dan Michael Orr Toyota Hilux Overdrive

                  Otospeed.id – Dubai, UEA. Seri ke-2 ajang FIA – Cross Country Rally kini bergulir di Dubai, Uni Emirat Arab (19 – 20/2). Sebanyak 74 kendaraan ikut ambil bagian dalam reli antar Negara yang bertitel Dubai Internationl Baja 2021.
Berbeda dengan seri awal kemarin di Leningrad, Rusia(6-7/2). Dimana kondisi daerah yang membedakannya. Jika di Leningrad bersuhu hingga minus 20 derajat, berbeda dengan di gurun pasir Al Qudra berpasir lembut dengan suhu berkisar 40 derajat celcius.
Di kelas Roda empat, pereli Saudi Arabia Yazeed Al Rajhi dan Navigator Michael Orr dari Inggris adalah kampiun Reli Dakar 2021, kemarin memimpin diurutan teratas mengandalkan Toyota Hilux Overdrive protipenya. Yazeed memimpin dikelas Mobil di seri-2 ini mencatat 5:22.13, mengungguli pasangan Khalid Al Qassimi dari UEA dan Dirk Jerman dengan selisih waktu selisih 33 menit 49 detik. Padahal Khalid dari tim Abudhabi Racing mengandalkan Peugeot 3008 DKR kendaraan SUV prototype semi Buggy andalan padang pasir.

Khalid Al Qassimi
Peugeot 3008 DKR

Yazeed memang luar biasa di atas Toyota Hiluxnya, karena di SS-1 yang berjarak 202,43 km dan di SS-2 berjarak 204,75km tetap memimpin. So, saat di reli Dakar lalu Yazeed menggeber tandas Hiluxnya di kecepatan maksimal 150km/jam. Berbeda di trek Gurun Al Qudra berbasir lebut, malah menghambat laju kendaraan, hingga kecepatan rata-ratanya tercatat hanya 75,4 km/jam di SS-1 dan 76,2 km/jam di SS-2.

Baca Juga : Vladimir Vasilyev Jawara Seri 1 Nothern Forest Rusia

 “ Reli Dubai Baja saat ini sangat bagus bagi saya , trek sangat berbeda dengan Reli Dakar lalu dimana saya gagal dan roda hancur meskipun finish hanya di 10 besar. Bagi saya, ini adalah reli yang sulit karena Mobil tidak bisa lari sekencangnya, kendali arah dengan tetap berpedoman pada Roadbook sebagai navigasinya,“ jelas Yazeed Al Rajhi pemenang Over All (keseluruhan roda empat).

                                      Podium Utama Yazeed-Al-Rajhi-and-Michael-Orr
                                Hasil Lomba Kelas umum Mobil
                                    Sam Smith KTM SX-F 450

Di kelas Roda dua, Sam Smith Crosser sekaligus pereli asal Inggris mampu masuk garis finis terlebih dahulu dengan catatan 5:50.03 diatas motor KTM SX – F 450 Dakar unggulannya. Sam Smith memang beruntung, karena di SS-1 waktu tercepat malah ditorehkan Mark, dan di SS-2 dipimpin Martin Michek. Sedangkan secara keseluruhan Sam Smith unggul tipis dari Martin Michek dari Czeko Slovakia memakai motor Husqvarna SX F450 hanya selisih 1,31 menit.

                              Podium Utama Sam-Smith

Sedangkan Mark Tidak finis karena crash di awal SS-2. “Saya sangat menikmati hari ini. Itu sangat bagus meskipun di Special Stage awal saya tidak bisa mendapatkanwaktu karena kendala teknik,. Tapi kemudian saya mulai membalap lebih baik dan meningkatkan kecepatan, mengejar ketertinggalan dengan dua pembalap terdepan, Mark dan Martin , sangat senang di trek Pasir kali ini meskipun beberapa tempat saya kehilangan navigasi dan tertinggal. “ ucap Sam Smith peraih jawara kelas Motor di Dubai International Baja 2021.

Hasil Lomba kelas MOTOR

Tetap Update berita Reli dunia hanya di Otospeed.id. |Me, Dubai news Baja, FIM,FIA

Leave a Reply