Otospeed.id – Costa Daurada, Spanyol. Hasil kejuaraan FIA – WRC, putaran Rally RACC Catalunya – Costa Daurada 2021 etape hari Jumat(15/10). Di Special stage (SS) 1 – 6 menghasilkan Thierry Neuville tim Hyundai Motorsport WRT unggul 0,7 detik dari rival beratnya Elfyn Evans tim Toyota Gazoo Racing WRT.
Hasil setting Hyundai i20 Neuville selama 3-SS awal plus sesi Shakedown memang tak menghasilkan dirinya tampil impresif. Usai jeda istirahat tengah hari antara SS-3 dan SS-4, Hyundai i20 Coupe masuk paddock Port Aventura selama 40 menit hasilnya sungguh memuaskan. “Kami berjuang melawan gelaja understeer mobil di Jumat pagi awal SS-1, di sorenya perubahan yang bagus dan itulah mengapa kami bisa melaju lebih cepat, tetapi kami ingin membuat semakin cepat besok menuju etape Sabtu. Dari bekal mobil dan kemampuan diri kami sendiri.” Ucap Thierry Neuville pereli andalan Hyundai Motorsport.
Di tim Toyota sendiri, Elfyn Evans berhasil meninggal jauh Sébastien Ogier pada 18,7 detik hingga SS-6. Kendati Evans juga kecewa atas kejadian saat mobilnya Sliding usai SS-4 dan memasuki SS-5. “ Saat di SS-5 saat sliding cepat saya menabrak bagian belakang dengan cukup keras pada trotoar yang miring, nyaris celaka dan kami berhasil lolos,” kata Pereli Toyota bernomor #33.
Usaha Sébastien Ogier dalam berjuang hingga SS-6 memang tak semudah yang dikira. Meski trek aspal mulus, tetapi pereli asal Prancis tersebut merasa kehilangan kecepatan pada Yarisnya. Konsistensi aksi balapnya tergolong datar. Karena sejak awal SS-1 hingga akhir SS-6 Ogier tetap berada di posisi ke-3 pada catatan Stage time. Dan bahkan mampu membuat jarak 5,4 detik didepan pereli tuan rumah Dani Sordo (Hyundai Motorsport WRT).
Berbeda dengan keluh kesah pereli muda Kalle Rovanperä (Toyota Gazoo Racing WRT), sejak awal etape pereli asal Finlandia ini kesulitan memahami karakteristik ban kompon keras P Zero baru produk Pirelli. Kalle Rovanperä merasa ban yang baru saja dipakainya tersebut bermasalah di SS-1 dengan hasil posisi ke-6, namun lambat laun mampu meningkat dan hingga finis etape Jumat di posisi ke-5 dibelakang pereli tuan rumah Dani Sordo selisih 13,2 detik.
Pereli muda Oliver Solberg memulai di kelas WRC tetap dengan bendera Hyundai. Perjuangan sejak awal SS dari posisi ke-10 secara drastis naik ke urutan ke-8, dibelakang duo pereli tim M-Sport Ford Fiesta yakni Adrien Fourmaux dan Gus Greensmith. Oliver merasa kesulitan pada gejala Understeer Hyundai i20 pula. “ Masalah paling sulit adalah perlintasan dengan trek berkerikil. Saya tidak ingin mengambil risiko di tempat-tempat ini karena dapat dengan mudah salah note. Mobil telah memakai chasis yang lebih bagus dan bekerja dengan sangat baik, hanya saya mengalami masalah dengan gejala mobil understeer, dan ini harus segera dihilangkan jika ingin lebih cepat larinya “ ucap Oliver Solberg dilansir eWRC.