Honda Astrea Grand 1991 : Tunggangan Klasik Pak Mantri Nyentrik

Honda Astrea Grand !991 bergaya C - 70

                   Otospeed.id – Trenggalek . Speed lovers modifikasi Honda C-70 Klasik memang telah banyak dimodifikasi menjadi lebih menarik. Salah satunya adalah Honda C-70 jadi – jadian milik Pak Mantri Kesehatan asal Durenan, Kabupaten Trenggalek.

                             Puguh Budi

Bagi Puguh Budi, dunia otomotif sudah tak asing lagi, dari mulai urusan balap motor, korek mesin balap biar lebih ngacir, hingga modifikasi motor sudah menjadi bagian hobinya. Bahkan dimasa Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, Pak Mantri juga punya tip jaga Imun tubuh dengan gowes bersama.

Salah satunya koleksi Sepeda angina tipe Minion yang juga mendapat sentuhan modifikasi dengan warna cat Kuning kegemaran. ”Hobi otomotif memang bagian dari diri saya, bahkan saya balap motor kala itu mesin 2 tak  dari mulai 1999 dan gantung helm tahun 2005 silam, alasan berhenti balap karena tuntutan pekerjaan untuk lebih focus. Tetapi dibeberapa kegiatan balap motor, jika tak terlalu sibuk saya selalu eksis dan mengintip gelaran balap tersebut hingga sekarang,” jelas Puguh, Pak Mantri Puskesmas Durenan pada OS.

Head Lamp C-70 asli

Dan siapa sangka sebenarnya motor C-70 milinya yang akrab disebut Ulung atau Cietoel itu, adalah rangka Honda Grand pertama lansiran tahun 1991. Namun di beri sandangan Honda C-70 tahun 80an, dan yang lebih kentara adalah Head Lamp dan Stop lamp asli C-70. Fender belakang gaya C-70  yang menyatu dengan rangka Grand tersebut diperjelas dengan strip C-70 Jadul di tangkinya.

Cakram Yamaha RX – King

Namun susahnya mencari knalpot standart Ulung, Puguh lantas memilih knalpot Honda Astrea Prima 90an beserta Shock belakang. Dan pada kaki depan yang mengimbangi kapasitas mesin sudah tidak 70cc lagi, Pak Mantri memilih rem Cakram RX King dengan shock teleskopik Supra Fit. “Kapasitas mesin masih standart Honda Astrea Grand aslinya, tidak ada perubahan di dapur pacu,“ lanjutnya,

Mesin Standart Honda Grand 1991

Jangan heran, jika motor kesayangan dengan warna Ngejreng Kuning tersebut dilakoni semua di Bengkel Man3 Balap (baca: Mantri Balap). Dan warna kuning tersebut bukan warna cat Solid biasa, karena ternyata catnya memilih Cat dan Vernis merk Sikken warna Kuning Jazz. Kelar memodifikasi motor harian ini, akan kah Pak Mantri bakal merencanakan proyek modifikasi lain lagi di koleksi motor-motornya. Bisa beri komentar di Modifikasi C-70 ini yang tampil resik dan laik jalan untuk kegiatan harian. |Dy,Man3 Foto:Nos