Jonathan Rea Pebalap Dunia Paling Sukses, Kemenangan 100 Kali Buat Kawasaki

0
 

                          Otospeed.id – Assen. Speedlovers siapakah pebalap dunia yang sukses meraih kemenangan 100x di satu pabrikan ?. Dialah Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK), dimulai dari gelarnya di WorldSBK ke-100 yang diraih pada Race 1 di MotorLand Aragon. Pada balapan kelima musim 2022 – Tissot Superpole Race di Assen juara dunia enam kali yang memecahkan rekor meraih kemenangannya yang ke-100 untuk Kawasaki.

Tidak ada pebalap yang pernah mencapai 100 kemenangan untuk satu pabrikan baik di WorldSBK, MotoGP atau 500cc. Di WorldSBK, yang terbaik berikutnya adalah legenda Ducati Carl Fogarty, yang mencatatkan 55 kemenangan mengesankan untuk pabrikan Bologna. Honda, Colin Edwards adalah pebalap tersukses dalam sejarah mereka dengan 31 kemenangan dan dua gelar, sementara Noriyuki Haga adalah pebalap terbaik Yamaha dengan 27 tetapi tanpa gelar. Pembalap BMW paling sukses dalam hal kemenangan adalah Marco Melandri dengan 9.

Untuk pabrikan yang tidak berada di grid, Aprilia memimpin dengan Max Biaggi mengambil 18 dari 52 pabrikan, Troy Corser mengambil 10 dari 32 Suzuki, sementara Bimota berikutnya dengan 11 kemenangan, lima di antaranya diraih oleh Davide Tardozzi di tahun pertama WorldSBK pada tahun 1988.

MotoGP™, dan yang paling sukses adalah Valentino Rossi, Juara Dunia sembilan kali yang meraih 89 kemenangan untuk Yamaha, sementara pebalap tersukses untuk satu pabrikan yang masih aktif di grid adalah Marc Marquez, dengan 59 untuk Honda. |OS,Foto:WSBK

 

Leave a Reply