Ketika Dragbiker Bikin Motor Modif

Otospeed.id-Semarang. Tidak jauh dari dunia otomotif memang hobi Bara Wedha salah satu pembalap dragbike asal Semarang ini ketika memanfaatkan waktu luang kala libur balapan untuk ngemodif motor miliknya.

“Kalau dragbike kan udah jadi rutinitas, ini buat selingan saja tapi masih satu jalur juga”, ujarnya. Sebuah motor matic lansiran tahun 2007 langsung dimodif di workshop yang saban hari jadi tempat nongkrong warga Tlogosari ini.

Mengambil konsep yang masih berbau dengan kecepatan, tema street racing coba diterapkan. Sebagai langkah awal perubahan dilakukan pada sektor kaki-kaki, dengan menanggalkan segala part bawaan digantikan part asesoris gress yang sedang ramai di dunia modif apalagi sekelas kontes.

“Ini semua barang yang terpasang di motor bisa dibilang model terbaru, beberapa bahkan part kiriman langsung dari Thailand yang jadi salah satu trendsetter modif seperti ini”, papar Bara.

Tampak belakang
Tampak belakang

Lihat saja untuk kaki depan disumbang sok milik Trusty, pelek SPS dan Disk Der Racing, semuanya dipilih warna gold supaya senada. Tromol belakang krom dipadu peredam getaran YSS kelir putih sepaket dengan tutup CVT Nouvo warna krom pelangi yang serba berlubang ala street racing. Kombinasi warna yang apik menampilkan corak yang merata tidak ngeblok di sektor kaki-kaki.

Proses modifikasi berlanjut ke bagian mesin, area ini sejatinya juga kena poles naik tingkat atau upgrading. Piston 58,5mm dan kem TDR yang dijejalkan ke dalam mesin otomatis kapasitas mesin naik, berikut disuplai karburator 28 PE Sudco dan Koil dari SPU Moric. Lubang buang juga tidak mau ketinggalan, untuk menyempurnakan modifikasi di sektor mesin diaplikasikan knalpot balap dari SPS.

full aseso dongkrak mesin
Full aseso dongkrak mesin

Karena mengacu pada konsep street racing beberapa bodi motor kecil ini ditanggalkan, hanya disisakan pada headlamp dan bodi belakang saja. Itupun masih mengalami proses pelubangan pada bodi motor, coak bodi rupanya jadi penunjang tema kalau mau ngemodif ala street seperti ini.

Sebagai finishing pada rangka hingga bodi dilebur cat dasar warna hijau muda yang kalem, kemudian ditimpa coretan grafis minimalis dengan garis-garis warna biru yang mengikuti lekukan bodi yang masih disisakan menempel di rangka motor. Semua pengecatan dipercayakan cat utama kepunyaan Danagloss dan dilapisi clear dari Sikkens.

cvt pelangi
Cvt pelangi

Pengerjaan terbilang cukup cepat, si empunya bilang hanya membutuhkan sekitar satu bulan saja untuk membuat motor standart bawaan pabrikan tampil beda. Tidak terdapat kendala untuk modif seperti ini, mengingat ubahan yang dilakukan tidak membutuhkan banyak kustomisasi yang biasanya memakan waktu lama

“Modif yang simpel dan masih layak jalan harian, part yang dipakai untuk konsep modif juga mudah dicari dan tidak ribet untuk perawatannya”, tutupnya. And