
Otospeed.id – Bandung. Menjadi pelajar bukan hanya soal akademis. PT Astra Honda Motor (AHM) membuktikan bahwa generasi muda juga bisa jadi agen pelestari budaya. Melalui program Sekolah Satu Hati (SSH), AHM mengajak siswa dari berbagai jenjang sekolah di Jakarta dan Jawa Barat mendalami budaya angklung.
Dalam kegiatan bertajuk School Camp 2025, siswa tidak hanya belajar sejarah dan cara bermain angklung, tapi juga dibina agar mampu mempresentasikan budaya ini dengan percaya diri di hadapan publik. “Public speaking kami jadikan materi wajib karena kami ingin siswa bisa mengkomunikasikan budaya dengan baik ke masyarakat,” jelas perwakilan AHM.
Dengan pendekatan edukatif dan kreatif, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk nyata upaya dunia pendidikan dalam menjawab tantangan pelestarian budaya di era digital.
Para peserta berasal dari berbagai sekolah, mulai dari SDN Sunter Agung 13 Pagi hingga SMK Ananda Mitra Industri Deltamas. Mereka menjadi bagian dari generasi pelestari budaya yang dibekali ilmu dan pengalaman langsung di pusat budaya seperti Saung Angklung Udjo. |OS