Otospeed.id – Praha, Rep.Ceko. Speed Lovers WRC. Satu lagi merk terkenal di dunia Reli kelas WRC2, yakni Škoda Fabia Evo Rally2. Mobil Reli Hatchback asal Mladá Boleslav, Republik Ceko tersebut, hari selasa(14/6) memamerkan generasi penerus keempat dengan varian Škoda Fabia RS Rally2.
Mobil yang telah menobatkan 1.710 kemenangan di ajang Reli dunia tersebut, saat ini telah sukses antara lain yang dipakai pereli Andreas Mikklesen sang jawara di ajang WRC2, dan juga Kalle Rovanpera yang sekarang sebagai pereli papan atas WRC tim Toyota Gazoo Racing.
Varian terbaru Škoda Fabia RS Rally2, mengusung mesin berkapasitas 1,6 liter Turbocharged dan didisain Intercoller yang lebih lebar, yang menghasilkan tenaga hamper 289 bhp (291 HP) dengan torsi 430 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui gearbox sistim Sequencial pada lima kecepatan dengan empat roda penggerak (AWD). Tak heran jika Škoda Fabia juga jago di reli medan Kerikil, pasir, Salju/Es, dan Aspal ini menandai bahwa tak bisa dianggap remeh dikelasnya. Semua prestasi pereli yang memakai Škoda Fabia sudah jelas dan beberapa tahun menjuarai dikelasnya.
Pada varian terbaru untuk Rally2, ada beberapa penyempurnaan serta peremajaan dilakukan pada sistem pengeremannya, juga konsen pada perbaikan secara keseluruhan ke bodyshell. Berbahan pipa baja sepanjang 35,8 meter untuk roll cage agar distribusi bobot yang lebih seimbang. Juga dilengkapi sistim aerodinamis baru, juga suspensi untuk Reli yang lebih mantab dan teknologi kelistrikan yang lebih di perbaruhi dan ditingkatkan. Sistim Suspensi juga diperbarui dengan melebarkan jarak ayun, juga kapasitas bahan bakar menjadi 82,5 liter, dan sesuai musim reli 2022 memakai Bio Fuel.
Departemen ŠKODA Motorsport, mengapresiasi dan menanggapi atas perkembangan Reli Dunia dewasa ini, dengan mengeluarkan varian Fabia RS Rally2 baru atas rujukan model yang yang telah berprestasi.
“Berdiri diam dan jalan ditempat berarti mundur, dan ini terutama berlaku di divisi motorsport. Itu sebabnya, dalam mengembangkan Fabia RS Rally2 baru, kami menerapkan pengalaman yang kami peroleh dari model pendahulunya dan mengoptimalkan setiap detail, Tujuannya adalah untuk meningkatkan mobil reli paling sukses di dunia. Dan patut saya bangga dengan seluruh tim ŠKODA Motorsport yang telah mengejar tujuan ini dengan dedikasi yang besar. Saya juga ingin berterima kasih kepada rekan-rekan kami di Pengembangan generasi keempat Fabia memberi kami basis yang sempurna untuk Fabia RS Rally2,” Jelas Michal Hrabánek, kepala divisi ŠKODA Motorsports .
Dibandingkan varian pendahulunya, Skoda Fabia RS Rally2 didesain dengan jarak sumbu roda (wheelbase) , dan memiliki terpaan gaya tekan yang sangat besar dan di klaim dua kali karena sistim Aerodinamika baru serta ukuran GT Wing baru yang lebih kokoh dan lebar. Jarak suspensi juga ditingkatkan dibanding Fabia Rally2 evo. Sementara, posisi tangki berkapasitas 82,5 liter diubah untuk meletakkan intercooler yang lebih besar.
Dalam pengujian mobil baru juga dilakukan di trek di Fontjoncouse, Prancis, yang juga digunakan oleh tim selama persiapan untuk Reli Dakar. Pebalap Andreas Mikkelsen sebagai pebalap pengujian menyimpulkan : “Jejak Fontjoncouse sangat, sangat kasar. Dan beberapa tekanan besar, lompatan, banyak batu di jalan – ini adalah lingkungan terbaik untuk menguji keandalan mobil reli. Jika sebuah mobil bertahan dari Fontjoncouse, ia dapat bertahan di setiap reli yang tepat. Bahkan untuk musim akan datang “ .
Akankah Škoda Fabia RS Rally2 terbaru bakal dipasarkan di Indonesia, kita tunggu animo penggemar Reli Nasional. |Nos,ŠKODA Motorsport,DirtFish