Menghadapi Reli Portugal, Oliver Solberg rela berbagi Hyundai Hybrid Rally1 dengan Dani Sordo

0
Hyundai i20 WRC2
 

                                        Otospeed.id – Portugal.  Speed Lovers reli semuanya. Menghadapi putaran ke-4 World Rally Championship (WRC) di Portugal (19-22/5), pereli muda Oliver Solberg kembali ke kelas WRC2 dengan dukungan tim Hyundai Motorsport N. Pereli asal Swedia tersebut hingga putaran ke-3 di Kroasia gagal meraih poin karena kecelakaan di SS-9 dan mobilnya terbakar, dan hasil keseluruhan Oliver Solberg  berada di peringkat ke-12 saat di kelas WRC(Rally1).

Hyundai Hybrid Rally1 Oliver Solberg  sempat terbakar di WRC Kroasia

Namun keikutsertaan di putaran Vodafone RALLY De Portugal 2022 besok, karena tugas di kelas WRC Rally1, bergantian dengan rekan se timnya Dani Sordo asal Spanyol yang melakukan debutnya memakai mobil Hyundai Hybrid Rally1. Sebagai gantinya, Solberg akan mengendarai Hyundai i20 Rally2 di Portugal. Dan ini sekaligus memasuki tahun kedua berturut-turut untuk menaklukkan trek Gravel dan berkerikil sebanyak 21 Special Stage (SS) yang berbasis Matosinhos  dan Service parknya di Exponor..

“Tahun lalu kami dipusingkan hal-hal seperti pilihan Ban yang akan dipakai, karena trek memang sangat bervarisi, di beberapa pengalaman tersebut kali ini semakin banyak varian ban yang akan dipakai, Salah satu hal untuk menghadapi medan, harus benar-benar berpikir secara teknis di setiap etape, dengan berpedoman catatan kecepatan, jalannya cukup menipu dan rumit, ” kata Oliver Solberg kepada WRC.

Putaran WRC di Portugal musim 2021 lalu, Solberg finis kelima dikelas WRC2 juga . Dan hasil tersebut membuat kesan besar baginya.

Oliver Solberg rela turun tahta ke WRC2

 

“Reli Portugal adalah salah satu reli yang sering saya tonton. Ini agak ikonik serta unik, utamanya di lompatan Fafe dengan tekanan pedal saat kecepatan tinggi. Dan soal-soal itu saya yakin tetap sama. Tentu saja, itu akan ;ebih menarik jika saya mengendarai i20 Rally1, karena mobilnya yang luar biasa –dengan kemampuan mesin 500bhp. Tetapi besok itu giliran Dani, dan saya harus berbagi padanya, Saya berterima kasih kepada tim Hyundai karena memberi saya mobil Hyundai i20 Rally2 sehingga saya tetap bisa balap di Portugal lagi. “ Lanjut pereli berusia 20 tahun tersebut.

Disadari Solberg di kelas WRC2 akan banyak pesaing disitu, karena telah tercatat 41 peserta keseluruhan serta 10 mobil Hyundai i20 yang sama. Dan dikelas tersebut saat ini telah dikuasai Andreas Mikkelsen dari Norwegia tim Toksport, dimana di putaran Kroasia lalu Andreas sempat absen. Sedangkan para jawara serta kandidat pesaing unggul lain nya adalah rekan se timnya sendiri, seperti Teemu Suninen (Finlandia) dan Fabrizio Zaldivar (Paraguay). Serta dari tim lain seperti Nikolay Griyazin (Rusia) dan Yohan Rossel (Prancis).

Berbicara tim WRC2 Hyundai Motorsport yang bakal memperkuat Reli Portugal besok, apa tanggapan petinggi Hyundai Motorsport sehingga berani eksis sebanyak mungkin di WRC putaran ke-4 ini

Julien Moncet wakil ketua Hyundai Motorsport WRT

 “Kami banyak berbicara tentang kekuatan dan reputasi yang berkembang dari departemen Olahraga Pelanggan, tetapi jarang ada bukti yang jelas tentang hal ini seperti dalam entri pelanggan kami untuk Rally Portugal. Jumlahnya tentu saja sangat positif dan menggarisbawahi pekerjaan departemen untuk mengirimkan mobil ke tim di awal musim, tetapi yang lebih mengesankan adalah kualitas kru di belakangnya. Tentu saja kami memiliki sepasang pembalap yang sangat kuat untuk tim WRC2 kami sendiri, begitu pula Oliver Solberg, Josh McErlean dan Bruno Magalhães juga telah menunjukkan kecepatan mereka di dalam mobil di acara-acara sebelumnya.” Kata Julien Moncet, Wakil Kepala Tim Hyundai Motorsport.

Tetap simak di otospeed.id   |Me,WRC,Rallit

 

Leave a Reply