MotoGP 2022 Jerez, Spanyol : Aleix Espargaro Tak Peduli Pada Poin Konsesi 2023

0
Aleix Espargaro #41 - Aprilia RS-GP22
 

                        Otospeed.id – Jerez,Spanyol.  Hasil Grand Prix di sirkuit Angel Nieto, Jerez kemarin (1/5) memang dimenangi oleh para pebalap papan atas MotoGP, yakni Francesco Bagnaia (Lenovo Ducati Team) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha Team) dan posisi ketiga ditempati Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Sukses Finis ketiga yang diperoleh Aleix Espargaro di MotoGP Spanyol itu akhirnya  lenyap hak istimewa tim Aprilia Racing untuk musim MotoGP 2023 besok.

Baca Juga : Bisakah Aprilia mencapai 6 poin menghilangkan Konsesi

Aprilia sendiri terlihat impresif sudah semenjak musim 2021 lalu, dimana di GP Inggris RS-GP sudah menempati posisi ketiga dan berhak atas 1poin konsisi dari regulasi MotoGP. Dilanjutkan di awal msim 2022, dimana motor pabrikan asal Noale, Itali tersebut kembali menunjukkan eksistensi dengan masuk di lima besar.

Kendati tanpa poin konsesi, namun Aleix sebagai pebalap, sudah menorehkan poin dikelas MotoGP. Usai putaran di Qatar, Aprilia semakin melejit dengan prestasi Aleix Espargaro diatas RS-GP22 , dengan berbuah hasil podium pertama di sirkuit Termas De Rio Hondo, Argentina, dan menambah 3 poin konsesi.  Berlanjut hasil di putaran kelima di Portimao, Portugal, dimana kembali Aleix podium ketiga dan kemarin putaran keenam di sirkuit Angel Nieto,Jerez juga podium ketiga.

Dalam semua perolehan sudah lunas menjadi enam poin konsesi, yang akhirnya hilang hak konsesi di musim 2023 bagi tim Aprilia Racing. Konsesi diberikan kepada merk pabrikan yang sama sekali tanpa prestasi kemenangan, dan motor sulit mengimbangi rival seperti merk pabrikan lain. Dan kenyataan nya Aprilia RS-GP sukses bersaing dengan Ducati Desmosedici dan bahkan Honda RC213V yang dikendarai Marc Marquez, yang akhirnya memaksa Marc berada di posisi keempat masuk garis finis.

Aleix Espargaro dan Massimo Rivola CEO Aprilia Racing, saat di GP Argentina

                  “Lagi – lagi konsesi, saya tahu itu membantu pabrikan Aprilia tetapi saya tidak suka konsesi, yang akhirnya membuat saya bodoh balapan, kalian tahu bahwa saya berada dibelakang mereka tetapi saya bisa mendahuluinya semua,berarti Aprilia RS-GP pada level bagus, jika tidak bagus bagaimana bisa hasil semuanya ini,” tutur Aleix Espargaro.

Aprilia dibawah Yamaha selisih 7 poin

Penuturan Aleix juga ada benarnya, disaat Aprilia dalam pengembangan mesin selama ini, pebalap asal Spanyol ini enggan berkomentar , tentang para pebalap yang bakal terlibat dalama tes pribadi Aprilia. Kita lihat Hasil Tes resmi di Jerez, Senin(2/5)  |Dy, Aprilia,MotoGP

 

Leave a Reply