MotoGP 2022 Tes Jerez : Johann Zarco Tercepat, KTM Rubah Desain Knalpot, Nakagami Crash

0
Johann Zarco #5 - Pramac Racing Ducati
 

                         Otospeed.id – Jerez, Spanyol. Pebalap Johann Zarco (Pramac Racing Ducati) menyelesaikan tes resmi MotoGP di sirkuit Angel Nieto, Jerez (2/5) tercepat dan menempati urutan teratas. Disusul Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) yang memberi perlawanan terbaik diposisi kedua. Tes resmi kedua ini memang diadakan dengan penyempurnaan setelah enam putaran telah berlangsung. Meskipun kondisi mesin telah disegel, namun pengembangan eksternal motor tiap tim balap masih diperbolehkan.

Dalam catatan waktu, ternyata Johann Zarco menyelesaikan di 1:37.136 detik. Catatan tersebut ternyata memecahkan rekor yang ditorehkan Pecco Bagnaia 1:37.669 detik ditempat yang sama saat Race hari minggu (1/5), dan juga memecahkan rekor saat Pecco di sesi kualifikasi (Q2) 1:36.170 detik yang membuatnya berada di starting grid terdepan.

Brad Binder masih knalpot lama

Di belakang Zarco, Brad Binder pebalap Red Bull KTM. Meski Brad Binder sempat mengalami crash dan berada di posisi kedua,dengan catatan 1:37.294 detik. Tim KTM Racing Factory tersebut memperbaiki catatan yang diperoleh di tempat yang sama saat Kualifikasi 1:37,544  detik, tim Orange tersebut fokus pada pengembangan Geometri serta knalpot pada RC16 nya.

Knalpot Baru RC16

Naas menimpa pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami, pebalap asal Jepang tersebut mengalami Crash di tikungan pertama saat menjalani sesi tes 10 menit memasuki  waktu kedua sesi latihan resmi. Dengan apa yang telah dialami Nakagami, trek dikibarkan bendera merah dan Nakagami dibawa ke pusat medis , yang hasilnya tidak ada patah tulang namun dirujuk ke Rumah Sakit di Barcelona untuk penanganan lebih intensif.

Juara Dunia bertahan Fabio Quartararo masuk di 3 besar sesi tes resmi ini, pebalap Monstaer Energy Yamaha tersebut menyelesaikan 78 lap. Dia adalah pembalap paling rajin keempat di belakang Pol Espargaró (85 lap), Franco Morbidelli (83lap), dan Alex Márquez (80lap).

Pembalap pabrikan Ducati Jack Miller finis keempat , tepat di depan Pol Espargaro dan Joan Mir (Suzuki Ecstar). Sementara itu pebalap andalan Aprilia Racing Aleix Espargaró finis di urutan ke-7, di depan Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Jorge Martin dari tim Pramac Racing Ducati.

Saat waktu 90 menit menjelang  berakhir, pebalap penguji Aprilia Lorenzo Savadori menyebabkan interupsi. Pembalap Italia itu terhenti di Tikungan 6 dan race control memutuskan untuk mengeluarkan bendera merah. Tidak ada yang jatuh, tetapi para marsekal memeriksa sebagian besar rute untuk mencari tanda-tanda minyak atau air.  Karena sejak semula area tersebut mebuat beberapa pebalap goyah.

Hasil Lengkap Tes II Jerez

Sedangkan pemenang minggu (1/5) kemarin Francesco Bagnaia hanya menyelesaikan 24 lap. Pebalap asal Itali tersebut mengakhiri hari pada tengah hari untuk mengistirahatkan bahunya untuk balapan berikutnya di Le Mans ,Prancis. Marc Márquez hanya finis di urutan 15. Juara dunia delapan kali itu melaju dengan total 60 lap dan kalah delapan persepuluh detik dari Zarco di lap terbaiknya.  |Dy, Speedweek,MotoGP

 

Leave a Reply