Otospeed.id – Semarang. Tidak selamanya sebuah konsep modifikasi yang hendak diterapkan modif motor harus murni dan berdasar pada jalur yang baku, yang mengharuskan sebuah motor modif pada konsep tertentu wajib seperti yang sudah pernah ada. Seiring banyaknya modifikator yang mulai terlahir, beberapa bentuk inovasi dan perkembangan kreativitas para pemodif rupanya menjadikan suatu konsep menjadi lebih beragam.
Salah satunya pada sebuah motor Honda Megapro milik Edo warga Sendang Mulyo Semarang, motor yang masuk antrian paling depan di bengkel Pap & Mam Modified Semarang ini siap di eksekusi. “Dari empunya pengen dimodif ala street fighter, dari situ saya kembangkan lagi supaya streetnya lebih menonjol dengan beberapa penambahan modifikasi yang berbeda.” Papar Hendro dedengkot rumah modifikasi.
Setelah sepakat antara kedua pihak tanpa pikir panjang langsung masuk ruang operasi, motor lansiran 2006 yang masih kondisi standar dirombak cukup ekstrim. Operasi dimulai dengan memotong rangka buritan cukup banyak, hampir habis tak bersisa digantikan pembuatan ulang yang lebih rapi. Suspensi depan belakang bawaan ditanggalkan semua tanpa sisa, dipasok untuk bagian depan sok upside down diameter besar diimbangi dobel disk dan ban gambot membalut pelek racing lebar 3 inch. Bagian belakang otomatis juga ganti dengan ban ukuran lebih lebar mengingat ukuran pelek belakang 4,5 inch.
Kesan street fighter mulai terlihat di bagian depan ketika headlamp yamaha byson yang sedikit mengalami kustomisasi terpasang, semakin serasi pada bagian belakang peredam getaran yang sejatinya stereo diubah monosok tertanam bersama swing arm besar ala moge sport ini. “Kombinasi kaki-kaki besar jadi sarat wajib motor street fighter, yang penting ukuran disesuaikan postur motor yang pasti terlihat membengkak”, tambah sang modifikator.
Modif berlanjut ke bagian bodi, karena aslinya motor itu cungkring maka dibuatlah beberapa rangka tambahan di tengah seperti pada bagian sisi kanan kiri bawah tangki. Tepat di antara mesin yang tegak, rangka custom tipe tralis menopang dan membuat motor jadi lebih padat berisi. Dipilih bahan untuk rangka dari pipa ukuran 0,5 inch. Untuk bagian cover belakang juga dibuatkan tralis segitiga kecil sebagai ornamen yang melengkapi. Dipilih warna orange untuk rangka tambahan supaya ngejreng dan detail garis rangka kelihatan.
Menemani warna rangka tralis yang eye cathing, bodi motor diguyur kelir senada, warna bodi orange dan hitam metallic dengan sedikit gradasi dipadukan serasi sesuai tema yang diusung. proses pengerjaan yang cukup mamakan waktu selama tiga bulan ini rupanya menghasilkan sebuah motor modif ala street fighter yang berbeda dari biasanya. l And
Data modifikasi: Sok depan USD, Cakram PSM 320mm, Ban Zeneos 120/70 & 150/60 -17, Cakram belakang Tiger Revo, Kaliper Tiger Revo, Master rem Tiger Revo, Kabel rem TDR, Lampu belakang LED, Setang Acerbis, Tako Koso Rx 2N, Karburator NSR SP, Knalpot PDK custom.