Otospeed.id – Semarang. Ini adalah kebiasaan yang terjadi di hampir setiap gelaran event balap drag bike. Jajal motor sebelum berlaga di lintasan drag memang wajib hukumnya untuk mengetahui apakah racikan settingan sudah perfect dan sesuai dengan kemauan pembalap. Tapi kalau mencoba motor di jalur paddock???
Waittt!!! Ini yang gak bener gaesss.. Pasalnya dengan kondisi paddock yang notabene padat dan ramai dengan lalu lintas crew maupun pembalap sudah pasti riskan dan membahayakan. Selain itu hal ini memang tak diperbolehkan.
Beberapa contoh kejadian sudah pernah terjadi ketika pembalap crash justru bukan di lintasan balap melainkan di jalur paddock. Mulai dari crash tunggal atau jatuh sendiri atau menabrak crew atau pembalap lainnya, mulai dari yang ringan sampai berdampak fatal sudah pernah terjadi gaesss.
“Memang bukan pada tempatnya apabila mencoba settingan motor di jalur paddock, di beberapa event biasanya penyelenggara sudah menyiapkan lintasan khusus untuk setting, dan idealnya memang seperti itu,” tegas Tomy Wijanarko, punggawa RCQU Racing Committee yang kerap jadi pimpinan lomba.
Atau apabila kondisi sirkuit yang digunakan tak memungkinkan, beberapa penyelenggara mensiasatinya dengan memberikan waktu khusus untuk mencoba settingan motor sekaligus mencoba lintasan sebelum balap berlangsung.
Beberapa penyelenggara di Jateng yang didukung oleh IMI Jateng juga tegas soal aturan ini. Biasanya yang terjadi pada tindakan pertama setelah sosialisasi adalah teguran. Kalau teguran tak juga diindahkan, maka teguran selanjutnya adalah pencabutan kartu passed.
Kalau tak memiliki passed, otomatis pembalap tak diperkenankan melakukan start. Nah, kalau sudah begini gimana gaess.. Tak bisa balap.. uang pendaftaran melayang.. Rugii donggg… |BL@CK_DJ