Otospeed.id – TOP1,Jakarta. Siapa yang tidak mengenal sosok kecil ini, Busi. Biar kita tidak melupakan fungsi Busi, alangkah bijaknya kita tahu bagian Busi yang jika kita detailkan sangat banyak, ada enam bagian Busi.
Lebih lanjut mari kita tengok bagian – bagiannya. Busi juga punya yang namanya Terminal yang berfungsi sebagai penghubung antara busi dengan koil pengapian. Terminal busi memiliki konektor berupa plug, akan tetapi ada pula yang menggunakan konektor berupa terminal kabel. Bagian kedua ada Namanya Ribs dimana bagian ini sebagai patokan jarak antara inti elektroda dengan ground. Semakin jauh jaraknya, hambatan antara besi dengan ground pun jadi semakin besar, sehingga tegangan tidak dapat loncat dari inti besi ke ground sekitar busi.
Bagian atas biasa disebut Insulator Tip, yang mampu menahan panas pada proses pembakaran smapai 6000C, serta mampu menahan beban 60.000 volt. Selanjutnya Seal yang berfungsi sebagai pembatas atau segel, guna kompresi yang ada di ruang bakar tidak mengalir keluar. Ada juga bagian penguci dari Busi ke Silinder head Namanya Metal Case, perannya sebagai konduksi sehingga panas dari busi dapat diinduksikan ke tempat lain. Metal case juga berfungsi sebagai ground busi.
Baca Juga : https://otospeed.id/jangan-salah-pilih-busi-bentuk-sama-tapi-punya-fungsi-yang-berbeda/
Centre Electrode ini terbuat dari bahan campuran nikel, tembaga beserta chromium. Inti dari centre electrode terhubung dengan bagian kepala busi melalui penghubung internal yang diselubungi oleh keramik insulator. Bagian terakhir ada Ground yang terletak paling ujung busi, yang bersinggungan dengan bodi secara langsung. Bagian ini, elektron akan membuat elektroda inti loncat ke ground terdekat. Biasanya, ground terbuat dari bahan yang mengandung daya hantar baik. |OS