Otospeed.id – Jerez, Spanyol. Speed Lovers World Superbike, setelah menuntaskan final World Superbike 2023 dengan hasil peringkat ke-3 dunia, Jonathan Rea mantan juara dunia Super Bike (SBK) enam kali, debut dengan motor Yamaha YZR – R1 di sirkuit Jerez Angel Nieto, Spanyol. Ini berarti pebalap SBK tersebut tak lagi berada di tim Kawasaki yang telah digelutinya selama Sembilan musim itu.
Jadi meskipun juara dunia SBK berkali-kali di SBK, pebalap asal Britania Raya tersebut debut bersama Yamaha YZR-R1 ditim pabrikan Pata Yamaha Prometeon WorldSBK, sekaligus mencoba akseslerasi R1 dengan mesin sama Inline 4. Saat debut di Sirkuit Jerez, Angel Nieto kemarin, kebetulan cuaca tidak mendukung dan turun hujan dan juga sempat melintir di tikungan ke-13 Jerez. Dan hasil time keeper, bahwa Jonathan Rea mencatat waktu tercepat ke-4 d Jerez.
Catatan waktu terbaik Rea adalah 1:40.302 detik, namun pemenang balapan WorldSBK sebanyak 119 kali itu hanya mampu menyelesaikan 12 lap pada hari pertama, namun cuaca buruk sekitar tengah hari dan Jonathan terjatuh di Tikungan 13.
Meski begitu, catatan hasil tes, kurang dari setengah detik dari Remy Gardner (Tim GYTR GRT Yamaha WorldSBK) di posisi teratas. Pebalap Australia itu mencatat waktu 1:39.837detik. Rea sebenarnya menjadi Yamaha tercepat ketiga pada hari Selasa, dengan rekan setim Gardner, Dominique Aegerter, di tempat ketiga.
Menjelang Kejuaraan Dunia Superbike 2024, yang bakal dimulai di Australia pada akhir pekan terakhir bulan Februari. Jonathan Rea masih memiliki delapan hari pengujian hingga hari ini. Pada tanggal 20-21 November di Jerez, pada 24-25 Januari lagi di Jerez, tanggal 29-30 Januari di Portimao dan pada Senin hingga Selasa (19/20 Februari) sebelum balapan pertama di Phillip Island.
Dua hari tes Dorna di Australia tidak dihitung dalam maksimal sepuluh hari tes yang dilakukan pembalap reguler per musim. Pada tanggal 14-15 Maret adalah ujian kedua di Barcelona. Jika cuaca mendukung, Rea menjalani tes selama 9,5 hari sebelum awal musim dan sebelum pertandingan pembuka Eropa pada akhir pekan 22-24 Maret di Barcelona 11.5.
“Saya punya banyak materi untuk dicoba, mulai dari komponen sasis hingga perangkat elektronik, Saya masih akan mendapatkan beberapa suku cadang tahun 2024 yang sudah digunakan oleh tim satelit Yamaha, dan saya harus mencoba banyak hal berbeda sampai saya bisa mendapatkan penyetelan dasar, kiranya bakal membutuhkan kesabaran dalam hal ini dan harus melakukannya selangkah demi selangkah. Saya pikir ketika kami datang ke Australia, kami memiliki titik awal yang baik,” ujar Pebalap Asal Irlandia utara
Ditanya perbedaan motor lama tunggangan nya dengan Yamaha YZR-R1, Jonathan Rea memang tak sedetail menerangkan. “Keunggulan motor saya sebelumnya adalah cengkeramannya dengan ban baru. Cara kerja engine brake-nya juga bagus. Kami perlu sedikit meningkatkan strategi ini pada Yamaha, namun hal tersebut memerlukan kerja keras. Dan saya akui bahwa saya bukan pebalap pengembangan yang luar biasa. Saya tahu cara mengemudi dengan cepat. Namun sulit bagi saya untuk menjelaskan dengan tepat, agar memiliki arah pembangunan yang jelas,” pungkas Pebalap WSBK dengan 263 podium dilansir Speedweek. |Me,WSBK,Speedweek