Tips Cop Busi: Pakai Sealer Saja

Otospeed.id – Bagi para pemakai motor yang sering menerjang hujan, atau motor mengalami masalah setelah dicuci, bisa meniru apa yang dilakukan oleh Galih Wisnu. Dia adalah seorang pengajar di salah satu SMK di kab. Semarang. Mengalami trouble pada V-ixionnya setelah dicuci.

Kejadiannya saat motor selesai di cuci tiba-tiba motor injeksinya mengalami gangguan. Gejalanya mbrebet-mbrebet seperti busi yang mau koit. Setelah diganti busi ternyata masalah tersebut tidak hilang, bahkan sempat menvonis sistem elektroniknya yang mengalami kerusakan.

cop busi rawan kemasukan air

“Sudah diganti busi beberapa kali dan lakukan pengecekan beberapa komponen ternyata tidak ada bagian yang rusak,”bebernya.

Selanjutnya coba dilakukan pengecekan pada cop busi, ternyata pada bagian ini banyak terdapat air. Kemungkinan air tersebut berasal dari semprotan air cucian saat motor dibawa ke tukang cuci. Dengan adanya air pada tutup busi tersebut tegangan yang menuju busi berkurang. Percikan bunga api pada busi tidak mampu membakar bahan bakar secara maksimal.

Sehingga saat dilakukan akselerasi dengan cara menambah bahan bakar busi tidak mampu melaksanakan tugasnya membakar bahan bakar tersebut, akibatnya laju motor seolah tersendat-sendat. “Setelah dibersihkan air yang ada pada tutup busi tersebut sampai benar-benar bersih, ternyata gejala mesin mbrebet tidak muncul lagi”terangnya.

Kejadian ini bisa menimpa siapa saja, apalagi saat ini lagi musim hujan. “Untuk menjaga agar air tidak kembali masuk ke dalam tutup busi, kita bisa memberikan sealer pada permukaan tutup busi sebelum kita pasangkan,”wantinya.

Sehingga air tidak akan bisa masuk kembali meskipun motor di cuci dengan air bertekanan tinggi lagi.|Nur