Otospeed.id – Wonosobo. Bukan Koizumi kalau tak melansir produk anyar yang bikin penasaran karena kualitas dan performa part racing keluarannya yang terbukti dan teruji nyata di pentas balap nasional. Dan ini adalah fakta yang kerap Otospeed.id (OS) jumpai di lapangan.
Seperti fakta yang secara tak sengaja OS dapatkan saat meliput Kejurnas Motocross Putaran 5 yang digelar di Sirkuit AKRM, Kalikajar – Wonosobo, pada akhir pekan lalu. OS melihat gear sprocket keluaran terbaru Koizumi yang diuji di Yamaha WR tunggangan Aldo Bilkis yang turun di Kelas Sport 4L s/d 250cc (grasstrack).

“Mulai dipasang di motor yang dinaiki Aldo sejak akhir 2024 lalu, sampai saat ini terus dipakai dan belum pernah diganti sama sekali”, ungkap Bayu Devan Putra, owner Devan Putra Racing Team, tim tepat dimana Aldo Bilkiz bernaung.
Yang menariknya, meskipun Gear Sprocket Koizumi ukuran 520 – T53 ini terpasang sejak akhir tahun lalu dan selalu dipakai tanpa pernah diganti, tampilan fisik dari gear sprocket karya Koizumi Factory Racing Part ini tak mengalami perubahan bentuk fisik yang significant (lihat gambar), tetap utuh meskipun dihajar di lintasan balap yang berat berkali-kali.

Nah.. fakta yang lebih menarik lagi, menurut Bayu, kalau dihitung sudah sekitar 9 kali event tak pernah diganti. Ini dengan asumsi setiap event ada 2 kali race (moto 1 dan 2), ditambah dengan free practice dan QTT. Jadi bisa dibayangkan, sudah berapa puluh kali gear sprocket Koizumi ini dihajar di kompetisi grasstrack – motocross (GTX-MX).
Ini belum terhitung juga kalau ditambahkan dengan beberapa kali porsi latihan yang dilakukan Aldo. Baik itu latihan rutin maupun latihan intensif yang dilakukan sebelum gelaran event yang diikuti oleh Aldo dan Devan Putra Racing Team.
Padahal menurut info yang OS dapatkan dari tanya-tanya di lapangan, lazimnya untuk gear sprocket pada motor GTX-MX, untuk 3 – 4 kali event saja gear sprocket sudah harus ganti. Biasanya karena gigi gear aus, dan yang terparah adalah melengkung, kemudian ada juga beberapa mengalami pecah/patah gear sprocket. Tetapi ini tidak pada gear sprocket Koizumi.
Ini tentu jadi pembuktian bahwa kehandalan performa dan kualitas gear sprocket Koizumi gak kaleng-kaleng. Meski dihajar berpuluh kali di medan berat GTX-MX yang membuat kerja gear jadi lebih berat dengan gesekan yang lebih intens dan torsi besar pada motor GTX-MX yang juga jadi salah satu yang membuat gear jadi lebih cepat aus, tetapi gear sprocket Koizumi terbukti nyata ampuh performanya. |BL@CK_DJ