WASPADA !!! Big Monster Hadir Di Semarang “Scoopy Mungil Jadi Raksasa”  

Scoopy Berubah Menjadi Raksasa

              Otospeed.id – Semarang. Pertama kali melihat motor ini, pasti orang yang meilihat tidak tahu kalau ini motor matic scoopy. Hampir 100% tidak kelihatan karena telah dilakukan perombakan besar-besaran. Ide dari sang pemilik motor ketika di Thailand melihat tampilan Honda Zoomer, melihat bentuknya yang garang dan unik Reza langsung terinspirasi ingin memiliki motor tersebut.

“Awal perjumpaan melihaat motor Honda Zoomer langsung hatiku ingin memiliki, tapi sayang motor tersebut belum masuk ke Indonesia, satu-satunya cara ya melakukan modifikasi sendiri,”ungkap Reza warga Jl. Raya Mangga, Semarang selaku pemilik motor ini.

Baca juga : https://otospeed.id/modifikasi-honda-beat-minimalis-siapa-takut/

Jok Custom

Setelah ide didapat Reza segera meluncur ke pakarnya modifikasi di daerah Kedungmundu Semarang yaitu di Bengkel Pap And Mam Modified. Pertemuan Reza dengan sang modifakator pastinya mengarah ke konsep modifikasi yang diinginkan yaitu Honda Scoopy Zoomer.

Konsep zoomer memang agak rumit karena harus dirombak total dan yang penting harus balance, dan ini merupakan tantangan bagi Hendro sang modifikator. “Wajah zoomer diperlukan ketelitian tinggi supaya pas, modifikasinya ada beberapa bagian yang kita desain berbeda sehingga unsur inovasinya tetap bisa kita munculkan,”terang Hendro Cahyono sang builder asal Semarang.

Ciri khas motor zoomer terletak di bagian ban yang besar, dengan diameter ban kecil untuk dipasang di motor matic, untuk memasang ban dengan ukuran jumbo sang modifikator harus pandai muter ide supaya ban terpasang dengan baik.

              “Sudut komstir dibuat lebih rendah untuk menyesuaikan dengan roda depan agar tidak nyenggol di dek tengah, sehingga sudut caster roda yang besar didapatkan dari penekukan rangka,”terang Hendro Cahyono.

Pada bagian roda belakang juga mengalami sedikit kesulitan. Dengan roda yang lebih lebar otomatis harus merubah titik tengah mesin. Supaya stabil mesin digeser lebih kekiri sehingga titik tengah roda depan dan belakang bisa sejajar.

Urusan roda selesai lanjut ke konstruksi dari jok pengendara, jok ditopang oleh pipa besi yang dibuatkan baru menggantikan rangka belakang yang sudah kena papas. Bagian yang paling urgent untuk tempat bahan bakar, pada bagian ini dibuatkan baru dari plat besi ukuran 0,5mm lebih tebal supaya tahan lama.

“Wow keren habis hasilnya impianku akhirnya tercapai, waluapun dari hasil modifikasi tapi aku senang bisa mejeng di Simpang Lima Semarang,”tutup Reza dengan senyuman khasnya.|Teo

Data Modifikasi:

Modifikator   : Pap And Mam Modified HP. 081328254585

Knalpot       : DMT

Kaliper       : Racing

Headlamp      : Halogen

Cakram        : TDR

Spidometer    : Koso