Yamaha F1ZR – 2000 Full Clutch Sumenep: Korekan Irit Lari Malejit

Yamaha F1ZR Full Clutch 2000

                    Otospeed.id – Sumenep, Madura Speedlovers Roadrace.  Kelas Bebek 2 Tak Standart di Jawatimur memang tidak ada matinya, dari beberapa gelaran Kejurprov Road Race Jatim selalu bejibun jumlah peserta dan kelas yang dilombakan. Salah satunya kelas Ex-Rider sebagai wadah mantan pebalap senior yang pernah Berjaya di masalalu.

 

Tetap Terdepan

 

Bagi H.Eep Dadang yang juga tergolong Ex-Rider dari Sumenep, Madura, F1ZR andalan lansiran tahun 2000-an type Full Clutch dengan frame 4WH. Motor tersebut menjadi lebih spesial  karena sentuhan tangan Vicky Tuner asal Bluto, Kab.Sumenep. Komposisi korekan sebenarnya Vicky menerapkan permainan standart pabrik, itu karena regulasi di bebek 2 tak standart diperuntukkan Ex-Rider memang harus demikian.

H.Eep Sadang

Namun uniknya motor yang akrab disebut kelas Bebek Goreng itu sedikit berbeda pada racikan Gigi Rasio, atau racikan inkah yang membuat motor lari ngacir saat di dua Kejurprov Madura lalu.  Memang jika tidak dibedah, tidak akan terlihat perbandingan aslinya. Namun boleh dong otospeed sedikit mengetahuinya. Settingan gigi rapat mulai gigi 1 hingga 4 yakni : 1-35:14, 2-28:17, 3-24:19 dan 4-23-22. Matching di kejurprov lalu pakai gigi primer V-80 tahun ’90-an  dan gigi sekunder standart bawaan seri 3XA. Dan matching pakai gir 13 depan dan 47 belakang.

Gir Belakang 47 T
Karburator Standart F1ZR di remer

Pengkabutan bahan bakar untuk  diteruskan ke ruang bakar, tetap mengandalkan Karburator standart F1 ZR yang daleman nya telah di remer. Dilanjukan sistim pengapian juga standart F1ZR mulai CDI hingga coil busi. “ Memang beda motor ini, karena teman-teman pakai coil YZ-80 , kalai ini ga bias bahkan ga bias lari, pada dasarnya tergantung motornya bias menerima apa tidak “ jelas Vicky Tuner.

Bukan isapan jempol, jika Korekan motor H.Eep Dadang tergolong Korekan yang IRIT namun larinya MELEJIT.  |Eep,Vick