Lima Pembalap Muda Bertalenta Raih Golden Ticket Balap di FIM MiniGP World Championship Valencia

Otospeed.id – Boyolali. Setelah melakui perjalanan panjang rangkaian seri perhelatan akbar Kejuaraan FIM MiniGP Indonesia Series Road to MotoGP, dan berdasarkan perolehan poin dan hasil akhir, Dewan Juri akhirnya mensahkan peserta balap yang mendapatkan kesempatan berangkat ke Valencia Spanyol.

Kelima pembalap itu adalah Kenzi Akbar Da Ninos dan Mochammad Arkana A.K yang bermain di kelas GP-0 160cc. Keduanya menduduki peringkat dua besar terbaik di kelas ini. Kemudian di kelas GP-2 190 cc ada Qayyim Razim, Rakha Bima Saktiansyah dan Zhong Wen Ze.

Kenzie Akbar Da Ninos, Raih Juara Umum Sekaligus Golden Ticket Balap di Valencia

Event ini memang mewadahi para pembalap muda dalam meraih prestasi nasional dan internasional, sekaligus menjadi program edukasi dan cikal bakal para talenta muda berbakat Indonesia ke jenjang “Road to MotoGP”. Indonesia terpilih menjadi salah satu dari 21 negara yang menjalankan penyelenggaraan FIM MiniGP; diantaranya Malaysia, Jepang, Qatar, Cina, Australia, Filipina, India, Alpe Adria, Perancis, Irlandia, Italia, Belanda, Brazil, Jerman, Spanyol, Portugal, dan Amerika.

“Setelah seluruh rangkaian series di Indonesia tahun ini selesai digelar, maka lima atlet balap terbaik dari kejuaraan ini akan berangkat ke kejuaraan dunia FIM MiniGP World Championship di Valencia Spanyol pada bulan November 2024 mendatang”, ungkap Harlan Fadilah selaku Managing Director Lightning Production – Promotor “FIM MiniGP Indonesia Series Road To MotoGP 2024”.

Harlan Fadillah dan Maharani, couple punggawa Lightning Production

Para pembalap yang berusia 10 s.d 16 tahun ini berlaga menggunakan motor balap MiniGP Ohvale GP-0 160 cc dan GP-2 190 cc yang memiliki karakter mirip dengan gaya balap di MotoGP. Motor ini dirancang secara khusus agar pembalap-pembalap MiniGP terlatih sejak dini dengan riding style sebagaimana pembalap di MotoGP. Standarisasi ini mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) dan Dorna Sports (Pemegang lisensi MotoGP dan MiniGP).

FIM MiniGP merupakan tahapan pembalap muda sebelum masuk ke ekosistem Dorna Sport yang berjenjang, yaitu ATC (Asia Talent Cup), Redbull Rookies, JuniorGP, Moto3, Moto2, dan MotoGP“, imbuh Harlan yang juga merupakan mantan pembalap Nasional asal Indonesia.

FIM MiniGP Latih pembalap sejak dini, kenalkan style balap MotoGP

“Selamat kepada seluruh peserta FIM MiniGP Indonesia yang meraih prestasi sebagai juara umum dan mendapatkan kesempatan mengikuti kejuaraan dunia “FIM MiniGP” di Valencia – Spanyol. Kami juga mengucapkan selamat dan semangat terus kepada peserta balap lainnya yang telah berjuang dengan gigih dan menampilkan performance terbaik, semoga tahun depan memiliki kesempatan yang sama”, pungkas Mahrani selaku Founder Lightning Production. | BL@CK_DJ